Efektifitas tumbuhan jeruju (acanthus ilicifolius) dalam mengabsorbsi zat pencemar LAS (Linier Alkylbenzene Sulfonate) dengan adanya logam berat (Pb dan Cd)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Fajar Rizka (2020) Efektifitas tumbuhan jeruju (acanthus ilicifolius) dalam mengabsorbsi zat pencemar LAS (Linier Alkylbenzene Sulfonate) dengan adanya logam berat (Pb dan Cd). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fajar Rizka Rahayu_H71216026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meningkatnya kegiatan pembangunan di berbagai bidang serta bertambahnya penduduk dari tahun ke tahun menyebabkan berbagai jenis limbah dan sampah yang masuk ke dalam badan-badan perairan semakin banyak. Seperti zat pencemar organik maupun anorganik sehingga mengakibatkan terjadinya pencemaran air. Untuk itu perlu dilakukan pengolahan air limbah salah satunya yaitu menggunakan teknik fitoremediasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas dari tubuhan jeruju (Acanthus ilicifolius) dalam mengabsorbsi zat pencemar LAS dengan adanya logam berat jenis Pb dan Cd. Penelitian ini bersifat eksperimental. Limbah yang digunakan ada dua macam yaitu LAS dan logam berat jenis Pb dan Cd dengan konsentrasi yang sama yaitu 0,5 ppm. Waktu detensi yang digunakan yaitu 7 dan 14 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan Jeruju mampu mengabsorbsi LAS sebanyak 25% dalam waktu detensi 14 hari. Sedangkan pada perlakuan LAS dengan adanya logam berat juga menurunkan konsentrasi LAS pada perairan hingga 95% dalam waktu yang sama. Hal ini menunjukkan terjadinya ikatan antara logam berat dan LAS, sehingga konsentrasi LAS di air akan berkurang akibat terabsorbsi oleh tumbuhan Jeruju. Kondisi tumbuhan jeruju tidak mati akibat adanya zat pencemar karena termasuk tumbuhan hiperakumulator yang mampu menyerap jenis limbah organik maupun anorganik pada air yang telah tercemar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Fajar Rizkafajarrizka1905@gmail.comH71216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id198908302014032008
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Subjects: Biologi
Keywords: Tumbuhan jeruju (acanthus ilicifolius); Absorbsi zat pencemar LAS (Linier Alkylbenzene Sulfonate); Logam berat (Pb dan Cd)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Fajar Rahayu
Date Deposited: 21 Aug 2020 02:30
Last Modified: 21 Aug 2020 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42955

Actions (login required)

View Item View Item