Tingkat toksisitas herbisida nabati daun kirinyuh (chromolaena odorata l.) terhadap pertumbuhan gulma anting-anting (acalyphia indica l.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhaliza, Siti (2020) Tingkat toksisitas herbisida nabati daun kirinyuh (chromolaena odorata l.) terhadap pertumbuhan gulma anting-anting (acalyphia indica l.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nurhaliza_H71216043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Daun kirinyuh (Chromolaena odorata L.) merupakan salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan menjadi herbisida nabati karena mengandung senyawa alelokimia diantaranya tanin, fenol dan steroid yang diyakini dapat menjadi racun sehingga dapat menggangu pertumbuhan tanaman atau bahkan mematikan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan tingkat tokosisitas pengaplikasian ekstrak daun kirinyuh (Chromolaena odorata L.) sebagai herbisida nabati terhadap pertumbuhan gulma anting-anting(Acalyphia indica L.). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan yakni konsentrasi 0% sebagai kontrol, 10%, 20% dan 30% dan dilakukan dengan 6 kali ulangan. Ekstraksi daun kirinyuh dilakukan dengan proses maserasi menggunkan pelarut etanol 96% kemudian diuapkan degan rotary evaporator. Ekstrak kental kemudian diencerkan kemudian diaplikasikan terhadap gulma anting-anting (Acalyphia indica L.) sebagai tanaman coba hingga 25 HST. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh nyata dari pengaplikasian ekstrak daun kirinyuh yang ditandai dengan gangguan pertumbuhan yaitu perubahan warna, pertumbuhan yang tidak normal serta matinya jaringan sehingga tumbuhan menjadi kerdil dan kering. Hasil yang optimum dalam penelitian ini didapat dari gulma anting-anting yang mati total dengan pengaplikasian ekstrak daun kirinyuh dengan konsentrasi 30%. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh signifikan pada pengaplikasian ekstrak daun kirinyuh (Chromolaena odorata L.) sebagai herbisida nabati terhadap pertumbuhan gulma anting-anting (Acalyphia indica L.).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhaliza, Sitilizahaliza00@gmail.comH71216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikhusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsa.ac.id199111112019032026
Subjects: Biologi
Keywords: Herbisida Nabati; Toksisitas; Kirinyuh (chromolaena odorata l.); Anting-anting (acalyphia indica l.)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Siti Nurhaliza
Date Deposited: 21 Aug 2020 12:38
Last Modified: 21 Aug 2020 12:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42956

Actions (login required)

View Item View Item