Diversitas dan peranan ekologi kupu-kupu (Rhopalocera) di Area Blok Ireng-Ireng kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millah, Najmatul (2020) Diversitas dan peranan ekologi kupu-kupu (Rhopalocera) di Area Blok Ireng-Ireng kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Najmatul Millah_H71216038.pdf

Download (5MB)

Abstract

Blok Ireng-ireng merupakan salah satu area yang ada di RPTN Senduro Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Kupu-kupu (Rhopalocera) merupakan salah satu serangga yang memiliki peran sebagai bioindikator. Menghitung tingkat keanekaragaman adalah metode yang digunakan untuk dapat mengetahui fungsi kupu-kupu sebagai indikator terhadap perubahan ekologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari tentang diversitas dan peranan ekologi kupu-kupu (Rhopalocera) yang ada di area Blok Ireng-ireng Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Metode pengamatan kupu-kupu (Rhopalocera) yang digunakan adalah metode transek dengan mencatat jumlah seitap spesies yang dijumpai. Penelitian dilakukan pada 6 stasiun selama bulan Desember – Februari. Hasil pengamatan didapatkan 32 spesies Kupu-kupu (sub ordo Rhopalocera) dengan satu spesies yang dilindungi oleh pemerintah yaitu Troides cuneifera. Hasil pengamatan kemudian dihitung dengan menggunakan indeks diversitas (H’), indeks kemerataan (E), dan frekuensi relatif (FR). Hasil dari perhitungan tersebut di dapatkan hasil H’=2,67, E= 0,76998, dan hasil dari frekuensi relatif tertinggi yaitu sebesar 5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millah, Najmatulnajmatulm@gmail.comH71216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Keywords: Diversitas; Bioindikator; Rhopalocera; Lepidoptera; Blok Ireng-Ireng.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: najmatul millah
Date Deposited: 21 Aug 2020 05:37
Last Modified: 21 Aug 2020 05:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42958

Actions (login required)

View Item View Item