Pengaruh pemberian pupuk kandang kotoran sapi pada media tanam tanah, pasir dan serbuk kayu terhadap pertumbuhan tanaman cabai rawit (Capsicum Frutescens l.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Dewi (2020) Pengaruh pemberian pupuk kandang kotoran sapi pada media tanam tanah, pasir dan serbuk kayu terhadap pertumbuhan tanaman cabai rawit (Capsicum Frutescens l.). Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Dewi Rahayu_H71216023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Petani di Indonesia dalam proses pertaniannya masih bergantung pada pemakain pupuk anorganik atau pupuk kimia. Solusi alternatif untuk mengatasi penggunaan pupuk kimia dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang kotoran sapi (PKKS). Pupuk kandang kotoran sapi ramah lingkungan dan dapat memperbaiki sifat fisik tanah. Pupuk kandang kotoran sapi dapat diaplikasikan dengan berbagai macam media seperti tanah, pasir dan serbuk kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang kotoran sapi terhadap pertumbuhan tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.) menggunakan media tanam (tanah, pasir dan serbuk kayu). Panelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji Kruskal Wallis untuk mengetahui pengaruh variasi dari lima belas perlakuan. Hasil menunjukkan tidak ada pengaruh pada pemberian pupuk kandang kotoran sapi pada media tanam terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan jumlah buah dan ada pengaruh terhadap jumlah bunga. Pemberian pupuk kandang sapi menyebabkan kandungan unsur hara pada pupuk belum cukup tersedia, karena unsur hara yang tersedia pada pupuk belum terserap secara sempurna terhadap pertumbuhan tanaman. Parameter tinggi tanaman tertinggi diperoleh pada perlakuan A3 memiliki nilai 50 cm dan terendah pada perlakuan B5 dengan nilai 38 cm. Parameter jumlah daun tertinggi diperoleh pada perlakuan A5 memiliki nilai 175 helai dan terendah pada perlakuan C4 dengan nilai 125 helai. Parameter jumlah bunga tertinggi diperoleh pada perlakuan A4 memiliki nilai 26 bunga dan terendah pada perlakuan C4 dengan nilai 5 bunga. Parameter jumlah buah tertinggi diperoleh pada perlakuan A4 memiliki nilai 21 buah dan terendah pada perlakuan A1 dengan nilai 2 buah. Komposisi paling optimal pada perlakuan A4 (40 % tanah : 60 % pupuk kandang kotoran sapi).

.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Dewidewirahayu120897@gmail.comH71216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com198612212014031001
AuthorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com198804202018011002
Subjects: Biologi
Keywords: pupuk kandang kotor sapi; media tanam; cabai rawit.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: dewi rahayu
Date Deposited: 21 Aug 2020 06:36
Last Modified: 21 Aug 2020 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42965

Actions (login required)

View Item View Item