Isolasi dan identifikasi bakteri penghasil antibiotik dari pantai Kenjeran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Farida (2020) Isolasi dan identifikasi bakteri penghasil antibiotik dari pantai Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farida_H71216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyakit infeksi menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi di dunia kesehatan. Pengobatan infeksi dengan penggunaan antibiotik dapat menyebabkan resistensi sehingga agen antimikroba baru sangat dibutuhkan. Untuk mendapatkan antibiotika baru salah satunya dengan membuat antibiotika dari mikroba yang berada di alam. Tujuan penlitian ini yaitu untuk melakukan isolasi dan identifikasi bakteri di Pantai Kenjeran Surabaya apakah isolat bakteri tersebut dapat menghasilkan antibiotik dan mampu menghambat bakteri Staphylococcus aureus. Metode pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang meliputi isolasi dan identifikasi bakteri sedangkan data yang diperoleh berupa hasil pengamatan dianalisis secara statistik menggunakan uji Non Parametik Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney. Pada penelitian ini uji aktivitas antibiotika menggunakan metode disk diffusion. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 isolat penghasil antibiotik, yaitu isolat bakteri JM1 (Enterobacter gergoviae), isolat bakteri JM2 (Klebsiella pneumonia), isolat bakteri JM3 (Klebsiella aerogenes), isolat bakteri KL1 (Bacillus lichinoformis), isolat bakteri KL2 (Neiseria sp.) dan isolat bakteri JA (Bacillus megaterium).Terdapat perbedaan kemampuan antibiotik yang dihasilkan dari isolat bakteri yang berasal dari Pantai Kenjeran Surabaya terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, penelitian ini diketahui bahwa hasil dari diameter aktivitas penghambatan tertinggi yaitu pada ekstrak fermentasi isolat bakteri KL1(Bacillus lichinoformis) menghasilkan diameter sebesar 19 ± SD 0,6 mm dan hasil terendah yaitu pada ekstrak isolat bakteri JM2 (Klebsiella pneumonia) dengan nilai diameter 7 ± SD 0,5 mm. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak dari hasil fermentasi isolat bakteri dari Pantai Kenjeran Surabaya dapat menghasilkan antibiotik yang menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus sehingga berpotensi untuk dikembangkan sebagai sumber antibiotik baru untuk pengobatan penyakit infeksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Faridafarfarida62009@gmail.comH71216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayat.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah90@gmail.com201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Antibiotik; Isolasi; Kenjeran.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi
Depositing User: Farida Farida Maulidia
Date Deposited: 21 Aug 2020 09:20
Last Modified: 21 Aug 2020 09:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42972

Actions (login required)

View Item View Item