Analisis kandungan miktoba pada jajanan bakso tusuk di alun-alun Kota Gresik menggunakan metode TPC (Total Plate Count) dan MPN (Most Probable Number)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apriliyanti, Lisia Dita (2020) Analisis kandungan miktoba pada jajanan bakso tusuk di alun-alun Kota Gresik menggunakan metode TPC (Total Plate Count) dan MPN (Most Probable Number). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisia Dita Apriliyanti_H71216033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bakso Tusuk merupakan salah satu makanan yang tergolong dalam jajanan pangan yang cukup populer, dengan harga yang relatif terjangkau serta mudah ditemukan dimana saja. pengolahan bakso yang kurang hiegenis mulai dari produksi hingga penyajian dapat menimbulkan kontaminasi mikroba. Makanan yang mengandung kontaminasi mikroba yang tinggi akan berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah seluruh mikroorganisme dengan nilai TPC (Total Plate Count) serta nilai cemaran bakteri coliform pada sampel bakso yang yang dijual di alun-alun Kota Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, sampel yang diambil yaitu sebanyak 6 sampel bakso tusuk pada penjual yang berbeda di alun-alun Kota Gresik, dengan kriteria penjual yang berdagang secara menetap di alun-alun Kota Gresik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode TPC yang menggunakan spread plate dan metode MPN. Analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berupa jumlah cemaran bakteri coliform dan TPC (Total Plate Count) dalam 6 sampel bakso tusuk yang kemudian dibandingkan dengan baku mutu Standar Nasional Indonesia (SNI) 3818:2014 yang mana nilai TPC tertinggi pada sampel bakso tusuk maksimum 1×55 cfu/gram, sedangkan nilai MPN pada sampel bakso tusuk maksimum 10 MPN/gr. Hasil yang diperoleh dari pengujian dengan metode TPC dari 6 sampel yaitu terdapat 2 sampel mengandung total jumlah mikroba yang tinggi yaitu dengan kisaran hasil 3.4×55 cfu/gram hingga 5.6×55 cfu/gram, sehingga melebihi standar baku mutu yang ditetapkan, sedangkan 4 sampel mengandung total jumlah mikroba yang rendah sehingga kurang dari baku mutu yang sudah ditetapkan dengan kisaran hasil antara 1.4 × 104 sampai dengan 5.6 × 105 cfu/gram. Pada hasil uji MPN ke-6 sampel positif mengandung cemaran bakteri coliform dengan diperoleh kisaran antara 210 hingga >2400 sehingga tidak memenuhi standar baku mutu. Setelah dilakukan uji pelengkap MPN didapatkan hasil bahwa 5 sampel mengandung bakteri coliform Escherichia coli dan 1 sampel terdapat bakteri Enterobacter sp.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apriliyanti, Lisia Ditalisiaditaaprl@gmail.comH71216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id198107252014031002
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah90@gmail.com201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Bakso tusuk; Bakteri coliform; TPC (Total Plate Count); MPN (Most Probable Number)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: lisia apriliyanti
Date Deposited: 21 Aug 2020 02:46
Last Modified: 21 Aug 2020 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42987

Actions (login required)

View Item View Item