Tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan program Pusaka Sakinah di KUA Sawahan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thufailah, Rifa'ul (2020) Tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan program Pusaka Sakinah di KUA Sawahan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifa'ul Thufailah_C91216123.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi, dan selanjutnya diolah serta dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dan pola pikir deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan Pusaka Sakinah di Kantor Urusan Agama (KUA) Sawahan dilakukan setelah adanya pernikahan, yang pelaksanaanya selama dua hari dengan menggunakan modul “Berkah (Belajar Rahasia Nikah) Membangun Relasi Harmonis” yang terdiri dari materi Bimbingan Perkawinan, Relasi Sehat, dan Ekonomi Keluarga. Program Pusaka Sakinah sesuai dengan Hukum Islam yaitu dalam hal membangun keluarga sakinah yang merupakan tujuan dari perkawinan untuk memiliki keluarga yang damai dan tentram. Diharapkan kepada Kementrian Agama supaya bekerja lebih keras lagi dalam pelaksanaan program bimbingan Pusaka Sakinah ini yang baru lauching, semoga kedepannya program ini dapat terlaksana secara efektif di Kantor Urusan Agama (KUA) seluruh Indonesia dalam memfasilitasi dan memberikan bimbingan serta konsultasi problem keluarga sehingga nantinya akan terwujud sesuai dengan tujuan adanya program Pusaka Sakinah tersebut. Untuk peserta bimbingan, hendaknya mengikuti proses bimbingan tersebut dengan baik sehingga benar-benar mendapatkan hasil/ ilmu yang maksimal. Sehingga hasil bimbingan tersebut bisa menjadi acuan dan pegangan selama mejalani kehidupan rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thufailah, Rifa'ulrifaulthufailah@gmail.comC91216123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Mahir-197212042007011027
Subjects: Hukum Islam
Perkawinan
Keywords: bimbingan Pusaka Sakinah; Bimbingan Perkawinan; Relasi Sehat; dan Ekonomi Keluarga; Bimbingan pra nikah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S.H Rifa'ul Thufailah
Date Deposited: 22 Aug 2020 05:50
Last Modified: 22 Aug 2020 05:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43061

Actions (login required)

View Item View Item