Isolasi, identifikasi dan uji fitokimia flavonoid fungi endofit dari kulit buah naga merah (hylocereus polyrhizus) serta potensinya sebagai antioksidan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Mohamad Khafid (2020) Isolasi, identifikasi dan uji fitokimia flavonoid fungi endofit dari kulit buah naga merah (hylocereus polyrhizus) serta potensinya sebagai antioksidan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Khafid Abdullah_H71216063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah kesehatan yang banyak dihadapi oleh penduduk dunia terutama untuk negara berkembang adalah penyakit degeneratif. Salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit degeneratif adalah adanya radikal bebas yang dikonsumsi oleh tubuh berlebihan dan tidak dapat dikendalikan. Tumbuhan Hylocereus polyrhizus telah dilaporkan dapat menghasilkan metabolit sekunder sebagai antioksidan untuk solusi menghadapi penyakit degeneratif, salah satunya pada kulit buahnya. Didalam jaringan tumbuhan terdapat fungi endofit yang mampu menghasilkan metabolit sekunder yang mirip dengan tumbuhan inangnya. Salah satu senyawa metabolit sekunder yang dapat dihasilkan adalah senyawa flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan isolasi, identifikasi dan uji kandungan senyawa flavonoid serta potensi antioksidan fungi endofit dari kulit buah naga merah (H. polyrhizus). Kulit buah naga diisolasi dan isolat fungi endofit diidentifikasi dengan pengamatan makroskopis dan mikroskopis. Kandungan senyawa flavonoid dalam isolat fungi endofit diuji dengan fitokimia menggunakan serbuk Mg dan HCl. Potensi antioksidan fungi endofit dengan metode literature review. Hasil isolasi fungi endofit didapatkan dua isolat fungi endofit, sementara identifikasi fungi didapatkan bahwa isolat fungi endofit yang didapatkan adalah genus Mucor dan kelas Deuteromycetes yang memiliki empat anggota ordo: Moniliales, Sphaeropsidales, Melanconiales, dan Mycelia Sterilia. Uji fitokimia menunjukkan adanya senyawa flavonoid pada kedua isolat fungi endofit. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat fungi endofit yang berasosiasi didalam jaringan kulit buah tumbuhan H. Polyrhizus dan memiliki kandungan flavonoid. Hasil literature review menunjukkan potensi isolat fungi endofit yang diperoleh memiliki potensi sebagai antioksidan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Mohamad Khafidabdullahkhafid04@gmail.comH71216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Subjects: Biologi
Keywords: Antioksidan; Flavonoid fungi endofit; Buah naga merah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Mohamad Khafid Abdullah
Date Deposited: 21 Aug 2020 14:03
Last Modified: 21 Aug 2020 14:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43082

Actions (login required)

View Item View Item