Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam pada kegiatan Tilawatil Qur’an dalam merevitalisasi religius personality siswa SMP Negeri 1 Soko Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Umilatur (2020) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam pada kegiatan Tilawatil Qur’an dalam merevitalisasi religius personality siswa SMP Negeri 1 Soko Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Umilatur Rosidah_D91216082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah berikut ini: (1) Bagaimana Internalisasi Nilai- nilai Pendidikan Islam pada kegaitan Tilawatil Qur’an di Sekolah? (2) Bagaimana upaya pengembangan Religius Personality melalui kegiatan Tilawatil Qur’an? (3) Apa faktor hambatan penerapan pembentukan Religius Personality melalui kegiatan Tilawatil Qur’an? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan religius personality, membentuk akhlakul karimah siswa yang terkandung dalam internalisasi nilai pendidikan Islam melalui kegiatan tilawatil Qur’an di SMP Negeri 1 Soko Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif deskriptif. Penelitian ini berlokasi SMP Negeri 1 Soko Tuban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui Wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi, memaparkan data dan menaarik kesimpulan. Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa, dari perencanaan ada tahap dalam pengembangannya yaitu menyusunaan jadwal dan penyusunan absen serta pengawasan yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah sebagai kegiatan rutinan yang dilakuakn menjelang kegiatan belajar mengeajar berlangsung, kegiatan ini telah dipegang penuh oleh masing-masing guru kelas PAI mulai dari kelas 7, 8 dan 9. Implementasi kegiatan dilakukan penjadwalan rutin setipa hari kecuali hari minggu pada masing-masing kelas. Pada hari senin-selasa dilakukan tilawatil qur’an untuk kelas 7, dan dilanjut pada hari rabu-kamis dilakukan oleh kelas 8, dan selanjutnya jum’at-sabtu dilakukan oleh kelas 9 yang dilaksanakan di Musholla SMP Negeri 1 Soko Tuban. Selain itu kegiatan wajib didampingi oleh pembimbing kegiatan dari masing-masing kelas. Dari hasil kegiatan ini siswa sudah mulai terlihat hasil peningkatannya dengan dilihat tidak adanya siswa yang terlambat mengikuti tartil rutinan pagi bisa dikatakan sudah 90% peningkatan yang dihasilkan dilihat dari antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dan hanya beberapa yang terlambat mengikuti kegiatan tartil, penanaman kepribadian religius sendiri dilihat dari siswa mematuhi tata tertib dan patuh kepada guru dan peka pada lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Umilaturumilaturrosidah@gmail.comD91216082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mohmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorYusam, Thobroniayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan islam; Tilawatil Qur’an; Kepribadian religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Umilatur Rosidah
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:54
Last Modified: 27 Aug 2020 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43136

Actions (login required)

View Item View Item