Gagasan kebangsaan dan keislaman dalam perspektif KH. Ahmad Muwafiq

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'arif, Ahmad Khoirul (2020) Gagasan kebangsaan dan keislaman dalam perspektif KH. Ahmad Muwafiq. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ah. Khoirul Ma'arif_E01213003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengungkap serta mendeskripsikan pemikiran KH. Ahmad Muwafiq mengenai wawasan Kebangsaan dan keislaman. Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang merujuk pada kenyataan-kenyataan yang ada yang berkaitan dengan KH. Ahmad Muwafiq melalui konten-konten media sosial juga buku yang membahas tentang Gus Muwafiq. Melalui sumber-sumber yang telah di dapat dan dikumpulkan untuk ditelaah kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian menerangkan bagaimana gagasan kebangsaan dan keislaman dengan konteks yang dialami di Indonesia, bahwa kebangsaan dan keislaman yang merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan keduanya saling menguatkan dan saling melengkapi. Melihat fenomena sekarang ini sering sekali adanya gerakan yang memiliki pandangan untuk membenturkan antara agama dan negara, yang dari hal tersebut dapat dapat menuai keributan juga mebuat keretakan dalam negeri ini (Indonesia). Indonesia bukanlah negara sekuler juga bukan negara agama melainkan negara yang merangkul semua keragaman. Dari situlah KH. Ahmad Muwafiq memiliki gagasan kebangsaan dan keislaman sebagai bentuk untuk persatuan, perdamaian dan ketentraman dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia. Ia merupakan salah satu tokoh Islam yang membawa ajaran Islam yang santun, Islam bukanlah menakutkan dan juga bukan keras.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'arif, Ahmad Khoirulah.khoirul.m13@gmail.comE01213003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmuji-2027096201
Subjects: Agama
Filsafat
Keywords: KH. Ahmad Muwafiq; Kebangsaan; Keislaman; Keindonesiaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Ahmad Ma'arif
Date Deposited: 28 Aug 2020 06:26
Last Modified: 28 Aug 2020 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43146

Actions (login required)

View Item View Item