Metodologi Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah karya Muhammad bin Abu Bakar: kontribusi kitab hadis disertai syarah dalam perkembangan ilmu hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Diah Ayu (2020) Metodologi Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah karya Muhammad bin Abu Bakar: kontribusi kitab hadis disertai syarah dalam perkembangan ilmu hadis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Ayu Fatimah_E95216056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyak kitab terutama kitab di bidang hadis yang telah ditemukan sampai saat ini. Di Indonesia, beberapa kitab hadis dibahas atau dipelajari di sejumlah pesantren. Beberapa diantara kitab hadis tersebut telah banyak dikaji dan ada yang belum dikaji. Salah satu yang sedikit dikaji adalah Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah. Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah disusun oleh Muhammad bin Abu Bakar. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana sistematika penyusunan Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah karya Muhammad bin Abu Bakar, 2) Bagaimana metode Muhammad bin Abu Bakar dalam mensyarah hadis pada Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah, 3) Bagaimana kontribusi Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah dalam perkembangan ilmu hadis. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistematika penyusunan Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah karya Muhammad bin Abu Bakar, untuk mengetahui metode yang digunakan Muhammad bin Abu Bakar dalam mensyarah hadis pada Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah dan juga untuk memahami kontribusi Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah dalam perkembangan ilmu hadis. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library reserch) dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif yaitu menggambarkan metode syarah yang digunakan Muhammad bin Abu Bakar berkaitan dengan Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah yang kemudian dikuatkan dengan teori syarah hadis. Kesimpulan pada penelitian ini yang berupa sistematika penyusunan Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah yaitu hadis dalam Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah berjumlah empat puluh dengan alasan bahwa Muhammad bin Abu Bakar mengharapkan anugerah ampunan dari Allah sebagaimana yang pernah nabi sabdakan, setiap hadis pada Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah dicantumkan tanpa bab tertentu kemudian hadis pada Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah diikuti syarah. Selanjutnya, hasil analisis terhadap metode syarah yang diterapkan Muhammad bin Abu Bakar dalam Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah dikategorikan sebagai metode ijmali karena Muhammad bin Abu Bakar hanya memberikan penjelasan yang diperlukan, yang berbentuk hadis lain dalam penjelasannya dan hikayat yang disesuaikan dengan hadis. Adapun kontribusi Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah dalam perkembangan ilmu hadis yaitu memperkaya khazanah keilmuan dengan metode kisah. Bentuk keunikan Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah dengan kitab hadis lainnya ialah isi kitab yang didominasi dengan hikayat atau kisah yang beberapa diantaranya mengandung hikmah serta nasihat. Kotribusi Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah berupa kisah akan memudahkan semua orang dalam memahami hadis, sehingga dapat mempraktikkan isi hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Diah Ayudiahayufatimah98@gmail.comE95216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Tafsir > Tasfir Hadis
Hadis
Keywords: Metode syarah; Kitab al-Mawa'iz al-'Usfuriyah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Diah Ayu Fatimah
Date Deposited: 26 Aug 2020 12:45
Last Modified: 26 Aug 2020 12:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43203

Actions (login required)

View Item View Item