Dakwah persuasif pada Muallaf etnis Tionghoa: studi pada persatuan Islam Tionghoa Indonesia Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, St. Nur Alfiana (2020) Dakwah persuasif pada Muallaf etnis Tionghoa: studi pada persatuan Islam Tionghoa Indonesia Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
St. Nur Alfiana Wulandari_F52718308.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muallaf adalah seseorang yang melakukan konversi agama dari agama tertentu kemudian memeluk ajaran islam. Menjadi seorang muallaf juga memiliki tantangan yang besar dalam memantapkan keyakinan yang baru dengan berbagai problematika yang dihadapi masing-masing muallaf. Lembaga dakwah perlu memberikan bimbingan, dukungan serta motivasi kepada para muallaf, seperti Persatuan Islam Tionghoa Indonesia yang melakukan program dakwah berupa pembinaan kepada mualaf untuk membantu para muallaf memantapkan keyakinan yang baru, melalui dakwah persuasif yang dilakukan oleh seorang da’i mendekati mad’u, diharapkan mereka dapat mempelajari dan menjalankan ajaran islam dengan kaffah. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Dakwah Persuasif Pada Muallaf Etnis Tionghoa (Studi Pada Persatuan Islam Tionghoa Surabaya)”. Fokus penelitian yang hendak dikaji adalah dakwah persuasif yang dilakukan da’i di PITI Surabaya, dan muallaf etnis Tionghoa dalam mengamalkan dakwah persuasif yang disampaikan oleh da’i. Untuk menjaga fokus penelitian tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta mendalam mengenai dakwah persuasif yang dilakukan di PITI Surabaya kemudian data tersebut akan dianalisis dengan dua teori yakni pertama, teori penetrasi sosial oleh Altman dan Taylor, kedua teori AIDDA oleh Wilbur Schramm. Hasil penelitian ditemukan, dakwah persuasif yang dilakukan di Lembaga Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya menggunakan pendekatan psikologis dan budaya yakni melalui tahap ta’aruf, mengisahkan biografi personal, dakwah dengan musik, serta menampilkan dakwah budaya serta konsep sederhana menyenagkan. Sedangkan muallaf dalam mengamalkan materi yang disampaikan oleh da’i yakni dengan memegang teguh ajaran islam menurut Al-Qur’an dan hadits serta mennggalkan tradisi Tionghoa yang haram.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, St. Nur Alfianafebrialfiana1@gmail.comF52718308
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Dakwah
Keywords: Dakwah Persuasif; Muallaf; Etnis Tionghoa.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wulandari St. Nur Alfiana
Date Deposited: 27 Aug 2020 07:38
Last Modified: 27 Aug 2020 10:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43242

Actions (login required)

View Item View Item