Analisis tren publikasi karya ilmiah bidang sistem informasi di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muniroh, Lailatul (2020) Analisis tren publikasi karya ilmiah bidang sistem informasi di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Muniroh_H76216041.pdf

Download (12MB)

Abstract

Publikasi hasil riset menjadi suatu hal yang umum dalam dunia akademis. Banyaknya data yang melimpah berkaitan dengan publikasi riset menjadi hal yang menarik untuk diteliti, khususnya yang berkaitan dengan keilmuan Sistem Informasi yang intradisipliner. Hal tersebut memungkinan adanya beragam topik penelitian sistem informasi di Indonesia. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui tren topik penelitian sistem informasi di Indonesia pada Tahun 20152019 sehingga bisa menjadi rujukan bagi dunia akademis dalam memperoleh insight baru di bidang Sistem Informasi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan software Publish or Perish pada database Google Scholar. Kata kunci yang digunakan adalah publication/journal untuk mendapatkan data publikasi. Proses analisis dan pengolahan data menggunakan metode analisis kualitatif non interaktif dan alur PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review). IS ACM Curricula digunakan sebagai acuan dalam menganalisis topik yang dihasilkan. IS ACM Curricula adalah laporan terbaru model kurikulum dibidang Sistem Informasi yang dikembangkan oleh ACM dan AIS. Hasil penelitian menunjukkan perolehan data mentah sebanyak 1917 yang diambil dari publikasi jurnal Sinta 2, Sinta 3 dan Sinta 4. Dengan hasil analisis tren bahwa topik “Application Development” dengan persentase 34%, “Decision Support System” dengan persentase 12% dan “System Analysis and Design” dengan persentase 12%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muniroh, Lailatullailaniro@gmail.comH76216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorRolliawati, Dwidwirolliawati@uinsby.ac.id2027097901
Subjects: Indonesia
Komputer
Informasi
Keywords: Publikasi karya ilmiah; Sistem informasi; Indonesia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Lailatul Muniroh
Date Deposited: 29 Aug 2020 12:32
Last Modified: 29 Aug 2020 12:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43267

Actions (login required)

View Item View Item