Perkawinan penghayat kepercayaan Sapta Darma di Surabaya: studi efektivitas pencatatan perkawinan menurut Lawrence M. Friedman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andromeda, Lutfiyanti (2020) Perkawinan penghayat kepercayaan Sapta Darma di Surabaya: studi efektivitas pencatatan perkawinan menurut Lawrence M. Friedman. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiyanti Andromeda_F12918347.pdf

Download (3MB)

Abstract

Asas perkawinan dikehendaki dengan adanya kata sepakat dari kedua mempelai yaitu sang calon mempelai laki-laki dengan calon mempelai perempuan. Di Indonesia dikatakan sahnya suatu perkawinan jika dilakukan dihadapan pemuka agama atau penghayat dan perkawinan tersebut dicatatkan di dinas kependudukan dan catatan sipil. Banyak peraturan yang telah mengatur tata cara perkawinan bagi penghayat kepercayaan sehingga tidak ada kata diskriminasi antar agama. Yang menjadi sorotan saat ini adalah perkawinan bagi penghayat kepercayaan Sapta Darma, sejauh mana para penghayat kepercayaan Sapta Darma mentaati peraturan tersebut dan seberapa efektif peraturan pencatatan nikah bagi penghayat kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perkawinan penghayat kepercayaan Sapta Darma, model perkawinan penghayat Sapta Darma dan praktek perkawinan penghayat kepercayaan Sapta Darma di kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan bentuk penelitian sosiologi hukum, subjek penelitian ini adalah penghayat Sapta Darma di Surabaya. Untuk mengukur efektif atau tidaknya peraturan pencatatan nikah maka digunakan tiga indicator menurut Lawrence M.Freidman yakni subtansi hukum, struktur hukum dan kultur hukum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola perkawinan pengahayat kepercayaan Sapta Darma menganut pola pernikahan elutrogami, dan model pernikahannya menggunakan model pernikahan sah atau dicatatkan. Sedangkan mengenai praktek pernikahan Sapta Darma telah sesuai dengan Undang-undang perkawinan hal ini bisa dilihat bahwa para penghayat kepercayaan telah mengikuti prosedur yakni melakukan perkawinan dihadapan pemuka agama lalu dicatatkan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andromeda, Lutfiyantilutfiyanti_andromeda@yahoo.comF12918347
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiyati, Sriyanto_dewa@yahoo.com2026086802
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Administrasi
Perkawinan
Keywords: Perkawinan; Sapta Darma.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Lutfiyanti Andromeda
Date Deposited: 31 Aug 2020 10:28
Last Modified: 31 Aug 2020 10:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43335

Actions (login required)

View Item View Item