Meningkatkan perekonomian peternak bebek melalui pembuatan pakan alternatif di desa Rejeni kecamatan Krembung kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Ainur (2020) Meningkatkan perekonomian peternak bebek melalui pembuatan pakan alternatif di desa Rejeni kecamatan Krembung kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rohmah_B02216004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi untuk meningkatkan perekonomian para peternak bebek melalui pembuatan pakan dengan mengembangkan potensi serta aset yang dimiliki oleh para peternak bebek dalam menyusun formula pembuatan pakan secara alternatif. Fokus penelitian ini yang pertama yaitu mengetahui tahapan-tahapan dalam melakukan ternak bebek hibrida, menemukan strategi yang tepat dalam mengurangi tingkat ketergantungan para peternak bebek terhadap penggunaan pakan buatan pabrik dan mengetahui hasil proses pendampingan dalam penerapan penggunaan pakan alternatif untuk meningkatkan taraf perekonomian peternak bebek hibrida.Metode penelitian yang digunakan dalam pendampingan ini melalui pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Proses pendampingan dilakukan dengan cara mengasah kemampuan serta potensi yang melekat pada diri masing-masing peternak bebek hibrida. Mengajak para peternak untuk melakukan sebuah perubahan agar taraf perekonomian para peternak di Desa Rejeni meningkat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori pertumbuhan menurut Josph Schumpter konsep kewirausahaan memiliki kedudukan yang sangat penting dalam hal pembangunan, menurut Schumpter seorang wirausaha dianggap sebagai pengubah yang tidak menghendaki sistem ekonomi menjadi stagnan tanpa adanya perubahan-perubahan apapun. Melalui program tersebut hasil dampingan yang dilakukan membawa perubahan pada pengurangan penggunaan pakan buatan pabrik dengan pakan alternatif sehingga mereka dapat memanaged biaya. Selain itu melalui pembuatan pakan secara alternatif mereka dapat meningkatkan hasil panen selama 45 hari sehingga sistem perekonomian peternak bebek hibrida semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Ainurainurrohmah188@gmailcomB02216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamaris05@gmail.com2004037002
Subjects: Pemberdayaan
Peternakan
Peternakan > Ternak Unggas
Keywords: Peningkatan Perekonomian; Peternak Bebek Hibrida; Pakan Alternatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ainur Rohmah
Date Deposited: 31 Aug 2020 07:30
Last Modified: 31 Aug 2020 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43399

Actions (login required)

View Item View Item