Klasifikasi cyberbullying berbasis text mining menggunakan Bayes Optimal Classifier

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramadhani, Ivan Bagoes (2020) Klasifikasi cyberbullying berbasis text mining menggunakan Bayes Optimal Classifier. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ivan Bagoes Pramadhani_H76216038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh perkembangan teknologi yang semakin mudah digunakan, membuat banyak efek negatif yang bermunculan. Salah satunya adalah tindakan cyberbullying yang dilakukan diberbagai media online, seperti media sosial dan online game. Tidak jarang pemain online game melakukan tindakan tersebut, sehinggga dapat meresahkan individu maupun negara. Untuk menindak lanjuti permasalahan tersebut diterapkan sebuah sistem klasifikasi teks untuk mengetahui teks cyberbullying. Sehingga pada penelitian ini dilakukan beberapa proses seperti pengambilan data, pengolahan data dan analisis perhitungan performa dari metode klasifikasi Bayes Optimal Classifier (BOC) dan metode Bernoulli Naïve Bayes (BNB). Hasil penelitian dengan menggunakan tiga macam skenario proporsi data yakni pada sekenario pertama data sebesar 40% data latih dan 60% data uji, sekenario kedua sebesar 50% data latih dan 50% data uji, dan sekenario ketiga sebesar 60% data latih dan 40% data uji, didapatkan hasil akurasi metode BOC terbesar adalah 81,11% pada skenario ketiga dengan proporsi data sebesar 60% data latih dan 40% data uji. Sedangkan hasil pada skenario yang sama, nilai akurasi dari metode BNB sebesar 73,33%. Dari hasil analisis yang diperoleh, diketahui bahwa metode BOC mendapat nilai akurasi lebih tinggi daripada metode BNB

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramadhani, Ivan Bagoesh76216038@uinsby.ac.idH76216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorYusuf, Ahmadahmadyusuf@uinsby.ac.id2020019001
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Machine Learning; Bayes Optimal Classifier
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Ivan Bagoes
Date Deposited: 02 Sep 2020 10:27
Last Modified: 02 Sep 2020 10:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43505

Actions (login required)

View Item View Item