Peran MWC-NU Porong terhadap penanganan permasalahan keagamaan korban luapan lumpur Porong Sidoarjo tahun 2006-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Witina Yuniar (2020) Peran MWC-NU Porong terhadap penanganan permasalahan keagamaan korban luapan lumpur Porong Sidoarjo tahun 2006-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Witina Yuniar Lestari_A92216109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Peran MWC-NU Porong terhadap Penanganan Permasalahan Keagamaan Korban Luapan Lumpur Porong Sidoarjo tahun 2006-2018 merupakan penelitian lapangan. Adapun permasalahan yang akan dibahas pada skripsi ini sebagai berikut: 1) Bagaimana sejarah perkembangan MWC-NU di Porong? 2) Apa permasalahan keagamaan yang ditimbulkan oleh bencana luapan lumpur Porong Sidoarjo? 3) Bagaimana kontribusi MWC-NU dalam penanganan permasalahan keagamaan korban luapan lumpur Porong Sidoarjo? Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian sejarah yang meliputi beberapa langkah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sejarah dan sosiologi. Pendekatan sejarah digunakan untuk menelusuri sejarah MWC-NU Porong, dan pendekatan sosiologi digunakan untuk menganalisis peranan suatu organisasi masyarakat dalam memberdayakan korban suatu bencana. Sedangkan teori yang digunakan yaitu teori dari Leopold von Wiese dan Howard Beker teori social institution serta teori dari Gross Mason dan McEachern teori peranan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti mendapatkan kesimpulan (1) NU di Porong masuk sekitar tahun 60-an perkembangannya dari tahun ke tahun semakin meningkat tetapi setelah terjadinya luapan lumpur Porong Sidoarjo mengalami penurunan, tahun 2016 MWC-NU bangkit kembali dan menjadi MWC terbaik se-Sidoarjo. (2) Permasalahan akibat luapan lumpur Porong Sidoarjo yaitu terendamnya aset wakaf seperti mushalla dan sekolah, kehilangan aset-aset sosial seperti pembacaan tahlil dan diba’ yang diadakan setiap seminggu sekali. (3) Kontribusi yang dilakukan MWC-NU Porong antara lain mengajukan ganti rugi terhadap tanah wakaf (mushalla), melakukan pemindahan lembaga pendidikan serta mendirikan posko dan pengungsian ketika terjadi luapan lumpur Porong Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Witina Yuniarwitinayuniar@gmail.comA92216109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam IbnuUNSPECIFIED196808062000031003
Subjects: Organisasi Masyarakat
Keywords: MWC-NU; Luapan Lumpur, Porong
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Witina Yuniar Lestari
Date Deposited: 03 Sep 2020 11:37
Last Modified: 03 Sep 2020 11:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43572

Actions (login required)

View Item View Item