Analisis hukum Islam dan undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas terhadap persoalan pemenuhan hak anak penyandang disabilitas : studi kasus di desa ngabetan kec. cerme kab. Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Meilinda Fauziyah (2020) Analisis hukum Islam dan undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas terhadap persoalan pemenuhan hak anak penyandang disabilitas : studi kasus di desa ngabetan kec. cerme kab. Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauziyah Putri Meilinda_C91216084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen sebagai metode penggumpulan data. Data yang diperoleh dan terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Persoalan pemenuhan hak anak penyandang disabilitas di Desa Ngabetan Kec. Cerme Kab. Gresik dalam mewujudkan hak anak penyandang disabilitas dari segi pemeliharaan hak beragama, kesehatan serta pendidikan masih kurang maksimal dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kebutuhan finansial dari keluarga serta tidak adanya dukungan dari pemerintah desa setempat dalam membantu tercapainya kebutuhan akomodasi dan fasilitas lain yang layak guna menunjang atau menjamin hak anak penyandang disabilitas. Hukum Islam dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas terhadap persoalan pemenuhan hak anak penyandang disabilitas sudah menjelaskan jika terdapat aturan terkait pemenuhan hak anak penyandang disabilitas yang mengikat pihak keluarga, pemerintah dan tokoh masyarakat berkewajiban untuk memenuhi, menghormati, menjamin terhadap hak anak penyandang disabilitas. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis mengharapkan pihak yang berkaitan dalam memenuhi hak anak penyandang disabilitas disarankan lebih memperhatikan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh anak penyandang disabilitas, agar terpenuhinya hak-hak anak penyandang disabilitas yang sesuai dalam Hukum Islam dan peraturan perundang-undangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Meilinda Fauziyahfpmeilinda@gmail.comC91216084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNaily, Nabielanaily_iain@yahoo.co.id2026028101
Subjects: Anak
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Hak Anak Penyandang Disabilitas; Anak Anak; ANak penyandang Cacat.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fauziyah Putri Meilinda
Date Deposited: 07 Sep 2020 22:14
Last Modified: 07 Sep 2020 22:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43680

Actions (login required)

View Item View Item