Upaya World Health Organization (WHO) melalui Global Malaria Programme (GMP) dalam mengatasi penyakit Endemik Malaria di Indonesia Tahun 2016-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuliyanti, Winda Dwi (2020) Upaya World Health Organization (WHO) melalui Global Malaria Programme (GMP) dalam mengatasi penyakit Endemik Malaria di Indonesia Tahun 2016-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Winda Dwi Yuliyanti_I72216080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menggambarkan tentang upaya World Health Organization melalui Global Malaria Programme dalam menangani penyakit endemis Malaria di Indonesia tahun 2016-2019. WHO merilis Global Technical Strategy for Malaria 2016-2030 agar target eliminasi malaria dapat dicapai sesuai target Sustainable Development Goals (SDGs) pilar ke-3 yaitu Good Health and Well-Being. Metode yang digunakan penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif guna memaparkan secara rinci dari latar belakang hingga operasionalisasi upaya WHO. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep organisasi internasional dan health security yang kemudian diperoleh hasil penelitian bahwa WHO melakukan berbagai upaya untuk menangani malaria di Indonesia. Upaya tersebut dibagi dalam berbagai aspek yaitu pencegahan dan pengendalian, diagnosa dan pengobatan, pendidikan dan penelitian, serta eliminasi dan evaluasi. Aspek-aspek tersebut diupayakan dengan memberikan dukungan berupa pedoman dan rekomendasi medis, promosi dan kampanye, pelatihan bagi tenaga medis, penelitian bersama universitas, serta intervensi langsung ke daerah endemis malaria.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuliyanti, Winda Dwiwinda.dwi.yulianti@gmail.comI72216080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmaliyah, Ridharidha.amaliyah@gmail.com201409001
Subjects: Politik Internasional
Keywords: World Health Organization; Global Malaria Programme; Malaria; Indonesia.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Winda Dwi Yuliyanti
Date Deposited: 08 Sep 2020 09:35
Last Modified: 08 Sep 2020 09:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43692

Actions (login required)

View Item View Item