Hubungan antara anonimitas dengan benign online disinhibition effect pada generasi z di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochimasari, Nur Septian (2020) Hubungan antara anonimitas dengan benign online disinhibition effect pada generasi z di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Septian Rochmasari_J71216123.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara anonimitas dan benign online disinhibition effect pada generasi Z di Surabaya. Benign online disinhibition effect adalah ketidakmampuan untuk mengontrol perilaku karena hilangnya hambatan dan kekhawatiran sosial di lingkungan online (Suler, 2004). Sedangkan anonimitas adalah suatu keadaan ketika seseorang tidak dikenali atau tidak diketahui (Kabay,2001). Penelitian ini dilakukan pada 400 responden di Surabaya yang memiliki social media. Pengambilan data dilakukan secara online menggunakan bantuan googleform. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur benign online disinhbition effect adalah alat ukur yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Lapidot (2015) terdiri dari 17 aitem. Sedangkan alat ukur yang digunakan untuk mengukur anonimitas di adaptasi dan dimodifikasi dari Sari & Suryanto (2016) terdiri dari 12 aitem. Reliabilitas untuk skala benign online disinhibition effect adalah 0,864 dan reliabilitas untuk skala anonimitas adalah 0,826. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi Spearman’s rho yang dilakukan dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa signifikansi korelasi yang didapatkan sebesar 0,000 (p < 0,05). Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan antara variabel anonimitas dengan benign online disinhibition effect. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,341 yang menunjukkan kekuatan hubungan antar variabel tersebut adalah hubungan moderat. Selain itu hubungan antar kedua variabel bersifat positif yang artinya jika intensitas anonimitas meningkat maka intensitas seseorang mengalami benign online disinhibition effect juga akan meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochimasari, Nur Septiannurseptianr@gmail.comJ71216123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrorry, Luckyluckyabrorry@uin.sby.ac.id2001107901
Subjects: Internet
Psikologi Sosial
Keywords: Anonimitas; Benign online; Disinhibition effect; Generasi z
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Nur Septian Rochimasari
Date Deposited: 09 Sep 2020 12:05
Last Modified: 09 Sep 2020 12:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43780

Actions (login required)

View Item View Item