Analisis maslahah mursalah pada Paguyuban Pedagang Sekolah Sejahtera Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Melinda, Eka (2020) Analisis maslahah mursalah pada Paguyuban Pedagang Sekolah Sejahtera Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Melinda_G94216162.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data dengan berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara induktif, mereduksi, memverifikasi dan menafsirkan makna dari konteks masalah yang diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa Paguyuban Pedagang Sekolah Sejahtera Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan adalah sekumpulan pedagang sekolah yang berada di Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan yang berjualan dengan cara berkeliling dari satu sekolah ke sekolah lain. Paguyuban telah memiliki legalitas sekaligus memberikan dampak sosial setelah adanya paguyuban dan paguyuban sebagai sarana menampung aspirasi para anggotanya. Serta Paguyuban Pedagang Sekolah Sejahtera Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan telah memenuhi syarat-syarat mas}lah}ah mursalah antara lain 1) Mas}lah}ah tersebut sejalan dengan tujuan syara’, 2) Mas}lah}ah tersebut tidak bertentangan dengan ketentuan nas, dan 3) Mas}lah}ah tersebut masuk ke dalam kategori mas}lah}ah dha>ruri. Dengan adanya paguyuban para pedagang dapat tetap berjualan dalam rangka mencapai kesejahteran hidupnya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan perlu adanya himbauan dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan kepada sekolah-sekolah yang menutup gerbangnya supaya dibuka kembali sehingga para pedagang tidak kehilangan mata pencaharian utama mereka. Dan diperlukan adanya pelatihan keterampilan berwirausaha bagi masyarakat desa yang karena usia dan jenjang pendidikan tidak memungkinkan mereka dapat bekerja di industri-industri dan swasta. Selain itu Paguyuban Pedagang Sekolah Sejahtera perlu mengadakan evaluasi setiap bulannya mengenai kegiatan-kegiatan di paguyuban sehingga dapat terus memberikan kontribusi kepada anggotanya dan mempererat silaturrahim dengan masyarakat sekitar sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Melinda, Ekaekamelinda2727@gmail.comG94216162
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Pedagang > Kaki Lima
Organisasi Masyarakat
Keywords: Maslahah Mursalah; Paguyuban; Pedagang Sekolah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Eka Melinda
Date Deposited: 09 Sep 2020 12:17
Last Modified: 09 Sep 2020 12:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43785

Actions (login required)

View Item View Item