Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli melalui media Facebook

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifuddin, Muhammad (2020) Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli melalui media Facebook. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syaifuddin_C02216050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan tentang “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Melalui Media Facebook” untuk menjawab permasalahan bagaimana praktikjual beli melalui media facebook di surabaya? Dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli melalui media facebook di Surabaya?. Penelitian yang dilaksanakan ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan teknik penggumpulan data, diantaranya dokumentasi, wawancara, observasi. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif. Berdasarkan penelitian yang diperoleh Jual beli Online melalui media Facebook banyak dilakukan zaman sekarang, namun jual beli semacam ini banyak memicu ketidakjujuran, dimulai dari pemaparan gambar yang tidak sesuai dengan barang aslinnya, kemudian dari segi gambarnya juga, bahkan pada saat melakukan transaksipun antara penjual dan pembeli tidak mengetahui wujud barangnnya, karena penjual berpikir jika mereka melakukan hal seperti itu bisa menarik pembeli untuk membeli barang tersebut, akan tetapi menurut peneliti banyak dari pembeli merasakan dirugikan dengan hal itu. Penerapan, sistem jual beli melalui media Facebook yang dilakukan masyarakat Surabaya belum berdasarkan aturan dalam Islam yang sudah ada, karena belum memenuhi syarat dan rukun jual beli. Yang menjadi persoalan adalah sifat objeknya masih samar dan tidak diketahui dengan jelas objek barangnya, maka jual beli yang seperti ini di anggap sudah memenuhi dan dapat di katakan sebagai jual beli yang mengandung unsur gharar. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis memberikan saran-saran sebagai berikut: 1) Tata cara dalam jual beli melalui media Facebook dengan perkembangan zaman harus semakin jelas pada proses menayangan gambar 2) Toleransi sangat dibutuhkan antara kedua belah pihak di dalam sebuah kerja sama yang berbentuk jual beli yang yang sah, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan. 3) Hendaknya dalam melakukan Jual beli melalui media Facebook pembeli harus cermat dan teliti mengenai barang yang akan dibelinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifuddin, Muhammadmuhammadsyaifuddin253@gmail.comC02216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChairah, Dakwatuldakwah_chairah@yahoo.com2023045701
Subjects: Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Jual beli Online; Jual beli di Facebook.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Syaifuddin
Date Deposited: 10 Sep 2020 03:03
Last Modified: 10 Sep 2020 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43806

Actions (login required)

View Item View Item