Analisis Hukum Islam dan UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Terhadap Sistem Pengupahan Karyawan Pada Industri Tahu Di Desa Jatisari Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asiah, Zumrotul (2020) Analisis Hukum Islam dan UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Terhadap Sistem Pengupahan Karyawan Pada Industri Tahu Di Desa Jatisari Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotul Asiah_ C92216140rev.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. bagaimana sistem pengupahan karyawan pada industri tahu. 2. bagaimana analisis hukum Islam dan UU No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan terhadap sistem pengupahan karyawan pada industri tahu di Desa Jatisari Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis sistem pengupahan karyawan pada industri tahu di Desa Jatisari Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa sistem pengupahan karyawan pada industri tahu di Desa Jatisari belum sesuai dengan hukum Islam karena belum memenuhi kriteria penetapan upah dalam hukum Islam dan mengenai pelaksanaan jam kerja dan penetapan upah pada industri tersebut telah menyalahi UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan karena tidak menerapkan adanya upah kerja lembur serta penetapan upah masih jauh dibawah upah minimum kabupaten. Berdasarkan hasil penelitian dalam skripsi ini, maka diharapkan dalam membina hubungan antara pengusaha dan karyawan, kedua belah pihak memperhatikan aspek syariat dan maslahat, termasuk dalam hal memberikan upah sesuai dengan standar upah minimun yang telah ditetapkan, disamping itu antara para pihak juga saling menjaga dan memelihara hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asiah, Zumrotulzumrotulasiah715@gmail.comC92216140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, A. Faishalafhaq@yahoo.co.id2020055001
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zumrotul Asiah
Date Deposited: 14 Sep 2020 11:35
Last Modified: 14 Sep 2020 11:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43966

Actions (login required)

View Item View Item