Analisis sistem antrian pelayanan di loket pendaftaran pasien BPJS dengan model antrian multi channel single phase : studi kasus: RSUD Dr. Soegiri Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shobihah, Umi (2020) Analisis sistem antrian pelayanan di loket pendaftaran pasien BPJS dengan model antrian multi channel single phase : studi kasus: RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Shobihah_H72216046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Antrian adalah suatu kondisi dimana sekelompok orang maupun komponen barang yang ingin mendapatkan pelayanan harus menunggu atau mengantri dalam urutan tertentu sebelum memperoleh pelayanan. Masalah menunggu merupakan suatu permasalahan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya mengantri dirumah sakit. RSUD Dr. Soegiri Lamongan merupakan salah satu rumah sakit rujukan didaerah Lamongan dan juga melayani pasien BPJS, sehingga banyak pasien yang berkunjung untuk melakukan pengobatan dirumah sakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian pendaftaran pasien BPJS dan menentukan jumlah loket pelayanan yang optimum agar tidak terjadi antrian di RSUD Dr. Soegiri. Data diperoleh dari hasil pengamatan langsung tingkat kedatangan dan pelayanan pasien yang berobat di RSUD Dr. Soegiri selama 6 hari, yang kemudian dianalisis dengan uji kecocokan distribusi terhadap data kedatangan dan pelayanan serta menghitung kinerja sistem antrian dengan menggunakan model multi channel single phase. Hasil penelitian didapatkan model antrian yang diterapkan RSUD Dr. Soegiri selama ini adalah (M/G/4):(FIFO/1/1), kemudian setelah dilakukan perhitungan diperoleh hasil bahwa untuk mengatasi antrian maka dapat ditambah dengan 1 loket pelayanan sehingga model antrian menjadi (M/G/5): (FIFO/1/1) dan sistem antrian menjadi lebih optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shobihah, Umishobihahumi@gmail.comH72216046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@gmail.com2004028001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Teknologi
Keywords: Antrian; Rumah Sakit; Model Antrian.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Umi Shobihah
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:14
Last Modified: 17 Sep 2020 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44042

Actions (login required)

View Item View Item