Motivasi altruisme pada relawan Rumah Singgah Sedekah Rombongan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauharin, Istik Aulia (2020) Motivasi altruisme pada relawan Rumah Singgah Sedekah Rombongan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Istik Aulia Jauharin_J71216110.pdf

Download (948kB)

Abstract

Rumah Singgah Sedekah Rombongan (RSSR) Surabaya merupakan sebuah komunitas sosial yang fokus terhadap kesejahteraan dhuafa sakit. Banyaknya tugas dan rumitnya penanganan pasien dampingan komunitas membuat banyak relawan yang tidak mampu menjaga konsistensi keterlibatan dalam komunitas. Namun diluar hal tersebut ada sebagian kecil relawan yang mampu bertahan dari awal berdirinya komunitas dan tetap aktif mengikuti kegiatan komunitas hingga hari ini. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui motivasi altruisme pada relawan Rumah Singgah Sedekah Rombongan (RSSR) Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan satu orang relawan Rumah Singgah Sedekah Rombongan (RSSR) Surabaya yang merupakan salah satu relawan paling lama dan paling aktif dalam menjalankan tugas komunitas hingga hari ini. Hasil penelitian ini mengungkapkan 3 motivasi mendasar dari relawan Rumah Singgah Sedekah Rombongan (RSSR) Surabaya yaitu adanya rasa tanggung jawab sosial (social responsibility), adanya kepuasan setelah melakukan kebaikan (distress-inner reward) dan sedikitnya perhatian kepada dhuafa miskin dari komunitas maupun orang lain secara personal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauharin, Istik Auliaarinsakura18@gmail.comJ71216110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidi, Hamimhamim_rosyidi@yahoo.co.id2024086201
Subjects: Sosiologi Islam
Keywords: Altruisme; Motivasi; Relawan
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Istik Aulia Jauharin
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:15
Last Modified: 23 Sep 2020 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44050

Actions (login required)

View Item View Item