Fenomena dakwah dan hijrah di kalangan muslim muda milenial Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmawati, Heni (2020) Fenomena dakwah dan hijrah di kalangan muslim muda milenial Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heni Rohmawati_F02918328.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian tentang fenomena dakwah dan hijrah dikalangan muslim milenial Surabaya. Masifnya gerakan dakwah dan hijrah dikalangan milenial telah membentuk sebuah fenomena baru yang kemudian menjadi trend dalam aspek spiritual. Yakni dengan menampilkan identitas keislaman dan religius dalam kehidupan nyata maupun dunia maya. Penelitian ini akan menjawab tiga rumusan masalah yaitu sebagai berikut : 1) Bagaimana pemahaman dakwah dan hijrah prespektif Islam Historis ? 2) Bagaimana konsep dakwah dan hijrah dalam trend spiritualisme di kalangan muslim muda milenial Surabaya ? 3) Bagaimana implementasi dakwah dan hijrah di kalangan muslim muda milenial Surabaya ?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah komunitas dakwah dan hijrah yang ada di Surabaya yakni Dar al Kayyis, Airlangga Hijrah dan Remaja Islam Masjid Al Falah Surabaya. Sumber data penelitian ini ialah primer yakni data yang diperoleh langsung dari lapangan dan wawancara dan sumber sekunder diperoleh dari artikel, jurnal, dan buku. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display atau penyajian data, dan penegasan kesimpulan. Dan menggunakan pendekatan teori tindakan komunikatif dan Teori media.
Hasil dari penelitian ini yaitu bahwasannya fenomena dakwah dan hijrah yang masif digerakkan akhir-akhir ini telah membentuk sebuah trend baru dalam aspek spiritualisme melalui komunitas dakwah dan hijrah. Trend tersebut menampilkan identitas keislaman dan kesalehan di kalangan muslim milenial baik itu dalam dunia nyata maupun dunia maya. Sehingga fenomena dakwah dan hijrah di dalam trend spiritualisme ini juga di maknai sebagai Islam flash, fresh, fun, dan fleksibel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmawati, Henihenir1675@gmail.comF02918328
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, M. Syamsulsamuda70@yahoo.com2029037201
Thesis advisorArif, Moch. ChoirulIrul_rek@yahoo.co.id2017107102
Subjects: Agama
Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: fenomena; dakwah; hijrah; dan milenial.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Heni Rohmawati
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:08
Last Modified: 17 Sep 2020 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44051

Actions (login required)

View Item View Item