Perubahan sosial pasca adanya wisata alam gosari (Wagos) di desa Gosari kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syukriyah, Af'idatus (2020) Perubahan sosial pasca adanya wisata alam gosari (Wagos) di desa Gosari kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Af'idatus Syukriyah_I73216033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana perkembangan Wisata Alam Gosari (WAGOS) di desa Gosari kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik dan bagaimana dampak perubahan sosial bagi masyarakat pasca adanya Wisata Alam Gosari (WAGOS) di desa Gosari kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik. Dengan bertujuan untuk mengetahui perkembangan Wisata Alam Gosari (WAGOS) dan dampak perubahan sosial bagi masyarakat desa Gosari kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan adalah teori Struktural fungsional Talcott Parsons untuk menganalisis adanya fenomena yang terjadi mengenai perubahan sosial pasca adanya Wisata Alam Gosari (WAGOS) dengan konsep 4 fungsi yang dimiliki suatu sistem, yakni fungsi AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency). Dari hasil penelitian yang ditemukan di lapangan, terdapat dua temuan: pertama, peneliti menemukan bahwa keberadaan wisata yang masih berusia muda belum mencapai empat tahun tetapi telah menunjukan adanya perkembangan yang terus meningkat dari sebelumnya dan mampu memberikan adanya perubahan sosial di desa Gosari, perubahan tersebut meliputi perubahan pola pikir masyarakat, perubahan gaya hidup pemuda dan perubahan pola interaksi masyarakat. kedua, serta memberikan dampak yang dapat dirasakan bagi masyarakat desa Gosari, yakni dampak di bidang ekonomi, bidang infrastruktur desa, bidang sosial, bidang budaya, bidang lingkungan alam dan bidang agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syukriyah, Af'idatusafidaidasyukriyah@gmail.comI73216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Keywords: Perubahan Sosial; Wisata Alam Gosari.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Af'idatus Syukriyah
Date Deposited: 18 Sep 2020 22:57
Last Modified: 18 Sep 2020 22:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44077

Actions (login required)

View Item View Item