Peranan pendidikan Islam dalam meningkatkan life skills siswa: studi kasus di Lembaga Pendidikan dan Sosial AI Aqobah Kwaron Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masrohatie, Kunie (2011) Peranan pendidikan Islam dalam meningkatkan life skills siswa: studi kasus di Lembaga Pendidikan dan Sosial AI Aqobah Kwaron Diwek Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kuni Masrohati_D01207116.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44148

Abstract

Dunia Pendidikan juga mendapatkan tantangan kedepan berupa persaingan Sumber Daya Manusia, dalam konteks persaingan sumber daya manusia ini, bangsa Indonesia tampaknya harus bekerja keras meningkatkan kualitas Pendidikan, yang membuat masalah ini semakin memprihatinkan adalah bahwa lulusan Pendidikan pada semua tingkatan dan mereka yang drop out sebagian besar tidak mampu diserap oleh lapangan kerja yang ada, sehingga angka pengangguran terdidik cenderung meningkat. Salah satu penyebabnya adalah, karena para lulusan atau mereka yang drop out tadi tidak memiliki keterampilan (life skills) memadai yang dibutuhkan oleh lapangan kerja yang tersedia. Berdasarkan latar belakang masalh diatas penulis menemukan suatu permasalahan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : 1 )Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Islam di LPS? 2) Bagaimana bentuk life skills siswa di LPS? 3) Bagaimana peranan Pendidikan Islam terhadap peningkatan life skills SDM siswa di LPS? Ada dua macam sumber data dalam penelitian ini, yaitu sumber data primer (sumber data non manusia) dan sumber data sekunder (manusia). Sumber data non manusia dalam penelitian ini diperoleh dari program kerja, sedangkan sumber data manusia dieksplor melalui Kepala Madrasah, Wakil Kepala dan tenaga kependidikan baik tata usaha maupun petugas lainnya melalui interview. Analisis data dilakukan secara bertahap oleh peneliti dengan langkah mengatur dan mengorganisasikan data serta mengkategorikan data. Dari hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) Pendidikan di Al-Aqobah ini mengamalkan visi dan misinya mnerapkan pendidikan life skills, meskipun demikian capaian target penerapan life skills masih separuh persen berjalan. 2) Pengembangan Vokasional Life Skills bisa dikembangkan melalui ekstrakulikuler/intra model (full day) seperti kegiatan student day yang berada dalam LPS Al-Aqobah antara lain memberikan keterampilan Pendidikan bahasa inggris(teori dan praktik), bahasa jepang, english night, pengembangan bahasa disini termasuk muatan pendidikan yang berorientasi pada life skills dan upaya untuk mengembangkan kemampuan minimal membaca dan menulis secara fungsional baik dalam bahasa Indonesia maupun salah satu bahasa asing (lnggris, Arab, mandarin), komputer, internet, pidato, karya ilmiah, musik, olahraga, pemahaman kitab cepat dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masrohatie, Kunie--D01207116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Sumber Daya Manusia
Keywords: Pendidikan Islam; Life skills
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2020 15:06
Last Modified: 22 Sep 2020 15:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44148

Actions (login required)

View Item View Item