Hubungan Afiliasi dan Peer Support dengan motivasi belajar pada siswa SMP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuraini, Zuni (2020) Hubungan Afiliasi dan Peer Support dengan motivasi belajar pada siswa SMP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuni Nuraini_J71216142.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara afiliasi dan peer support dengan motivasi belajar pada siswa SMPN13 Surabaya. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi dengan teknik pengumpulan data berupa skala afiliasi,peer support, danskala motivasi belajar. Dengan jumlah subjek 72 orang dari total popolasi sebanyak 201 dengan teknik pengambilan data menggunakan metode simple random sampling serta menggunakan metode analisis teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara afiliasi dengan motivasi belajar pada siswa SMPN13 Surabaya ( p = 0.271 dan r = -0.072 ), tidak terdapat juga hubungan antara peer support dengan motivasi belajar ( p =0.400 dan r = 0.31 ). Dan pada hipotesis terakhir dalam penelitian ini yakni tidak terdapat hubungan antara afiliasi, dan peer support dengan motivasi belajar pada siswa siswi SMPN13 Surabaya ( p = 0.800 dan F = 0.224 ) artinya hipotesis ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuraini, Zunizuninuraini58@gmail.comJ71216142
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Muhammadm.sholeh@gmail.com2009125901
Subjects: Anak
Pendidikan
Psikologi Belajar
Keywords: Afiliasi; peer support; motivasi belajar.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: zuni nuraini
Date Deposited: 27 Sep 2020 13:09
Last Modified: 27 Sep 2020 13:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44165

Actions (login required)

View Item View Item