Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Maysyah Mukarromah Vivi Putri Cahya (2020) Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maysyah Mukarromah Vivi Putri Cahya Ningsih_D93216054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem Kredit Semeter (SKS) merupakan program yang dimana siswa dapat memilih sendiri beban belajarnya, seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Naional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Masalah-masalah yang terkait dalam pengkajian ini berkaitan dengan pengimplementasian program SKS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Surabaya. Hal-hal yang menjadi fokus adalah : (1) Bagaimana implementasi SKS ?, (2) Bagaimana prestasi belajar siswa ?, (3) Bagaimana implementasi SKS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa ?Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yakni wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan triangulasi data yaitu menggabungkan antara hasil wawancara yang telah didapat, dokumentasi yang ada, dan obervai dilapangan. Dari temuan dan pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa : (1) implementasi SKS di SMA Negeri 2 Surabaya sudah berjalan dengan baik walaupun masih terdapat beberapa prinsip pelaksanaan SKS yang belum terpenuhi, (2) prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Surabaya semakin baik karena dibantu dengan pembelajaran dan penugasan sedemikian rupa dengan menggunakan program SKS, (3) dengan diimplementasikannya program SKS di SMA Negeri 2 Surabaya nyatanya mampu mengakomodir segala bentuk kompetensi dan kecepatan belajar siswa sehingga siswa merasa enjoy dan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Maysyah Mukarromah Vivi Putri Cahyamaysyahputri98@gmail.comD93216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Syamsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Implementasi; Program SKS; Peningkatan; Prestasi Belajar Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maysyah Mukarromah
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:57
Last Modified: 23 Sep 2020 14:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44178

Actions (login required)

View Item View Item