Analisis persepsi dan perilaku dalam memilih label halal terkait food, pharmacy dan cosmetic pada pegawai Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Muhammad Luqman (2020) Analisis persepsi dan perilaku dalam memilih label halal terkait food, pharmacy dan cosmetic pada pegawai Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Luqman Hakim_F02416097.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Persepsi Dan Perilaku Dalam Memilih Label Halal Terkait Food, Pharmacy Dan Cosmetic Pada Pegawai Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur” ini adalah hasil penelitian untuk menjawab tiga pertanyaan: 1) Bagaimana persepsi label halal terkait food, farmasi dan kosmetik pada pegawai di Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur?, 2) Bagaimana perilaku label halal terkait food,farmasi dan kosmetik pada pegawai di Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur?, 3) Bagaimana implikasi dari persepsi dan perilaku label halal pada pegawai di Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur?.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari kuesioner, sedangkan data sekunder berasal dari perpustakaan atau dari laporan-laporan penelitian terdahulu. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Responden yang dipilih adalah pagawai kanwil kemenag jatim dengan teknik purposive sampling, dalam purposive sampling teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan skala linkert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa halal Food, halal Pharmacy dan halal Cosmetic secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Label Halal pada Pegawai Kanwil Kemenag Jatim. Hal tersebut dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 24,657, yang lebih besar dibandingkan nilai F tabel sebesar 2.98 dengan signifikasi sebesar 0,000. Secara parsial, terdapat pengaruh positif variabel halal Food (X1) terhadap Label Halal pada Pegawai Kanwil Kemenag Jatim dengan nilai t hitung sebesar 2,107 nilai t tabel sebesar 2,048. Untuk variabel halal Pharmacy (X2) tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 0,637 nilai t tabel sebesar 2,048. Untuk variabel halal Cosmetic (X3) juga terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 2.991, t tabel sebesar 2,048. Adapun variabel yang paling berpengaruh adalah halal Cosmetic dengan nilai 2.991 dari hasil R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,710 atau (71%) dan sisanya 29% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Muhammad Luqmanluqman.tole@gmail.comF02416097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Thesis advisorFauzia, Ika Yunia----
Subjects: Dagang
Ekonomi Islam
Keywords: Perilaku; label halal; food; pharmacy; cosmetic; pegawai Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Luqman Hakim
Date Deposited: 24 Sep 2020 12:55
Last Modified: 24 Sep 2020 12:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44192

Actions (login required)

View Item View Item