Profil kemampuan justifikasi siswa dalam pemecahan masalah Matematika ditinjau dari tipe kepribadian guardian dan artisan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumala, Arisa Dwi (2020) Profil kemampuan justifikasi siswa dalam pemecahan masalah Matematika ditinjau dari tipe kepribadian guardian dan artisan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arisa Dwi Kumala_D04214003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan justifikasi merupakan suatu kemampuan siswa dalam membuktikan kebenaran dari pernyataan dengan cara memberikan alasan berdasarkan definisi, teorema, atau lemma yang telah dibuktikan sebelumnya. Dalam kemampuan justifikasi memiliki 5 indikator diantaranya: Calculation (perhitungan), Labels (label atau tanda), Evidence (membuktikan), Answer the question (menjawab pertanyaan), Reason why (memberikan alasan). Dalam memecahkan masalah, kemampuan justifikasi siswa berbeda-beda, salah satunya berdasarkan tipe kepribadian yang dimiliki oleh setiap siswa. Menurut David Keirsey, terdapat 4 tipe kepribadian, diantaranya: Guardian, Artisan, Rasional, Idealis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan justifikasi siswa berdasarkan tipe kepribadian guardian dan artisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengambilan subjek dengan menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 5 Sidoarjo yang terdiri dari 8 siswa, diantaranya 4 siswa yang memiliki tipe kepribadian Guardian dan 4 siswa yang lain memiliki tipe kepribadian Artisan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara, kemudian hasil dari tes tulis dan wawancara dianalisis. Hasil dari penelitian ini adalah siswa yang memiliki tipe kepribadian Guardian dan Artisan memenuhi semua indikator kemampuan justifikasi. Tipe kepribadian Guardian memenuhi indikator justifikasi dengan tulisan, sedangkan Tipe Kepribadian Artisan memenuhi indikator justifikasi dengan lisan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumala, Arisa Dwiskamu2716@gmail.comD04214003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorWidayanti, Aninglinda.prasetyaning@gmail.com0717048702
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Justifikasi siswa; pemecahan masalah Matematika; tipe kepribadian; guardian; artisan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Arisa Dwi Kumala
Date Deposited: 23 Sep 2020 14:42
Last Modified: 23 Sep 2020 14:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44194

Actions (login required)

View Item View Item