Efek penggunaan pena digital al-qolam terhadap minat literasi pada anak kelompok A di RA Perwanida Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, Imroatush (2020) Efek penggunaan pena digital al-qolam terhadap minat literasi pada anak kelompok A di RA Perwanida Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatush Sholichah_D08216015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Era millenial ini, dunia semakin canggih dalam berteknologi. Berbagai alat telah diciptakan oleh manusia untuk semakin hidup praktis dan bermanfaat. Begitu pula dengan pena digital al-Qolam ini, peniliti bertujuan agar guru dan orangtua mampu memanfaatkan atas teknologi yang ada dan semakin banyak inovasi-inovasi unik dalam menyatukan atau memperpadukan berbagai alat edukatif yang ada dengan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini agar bisa mengetahui Efek Penggunaan Pena Digital al-Qolam Terhadap Minat Literasi Pada Anak Kelompok A di RA Perwanida Surabaya. Perkembangan literasi yang ada saat ini, istilah literasi juga bukan hanya kemampuan membaca dan menulis pada teks saja, karena istilah “teks” sudah diperluas lagi maknanya dalam bentuk audiovisual dan visual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan jenis kuantitatif metode pendekatan eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan bentuk desain Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah kelompok A1 sebagai kelompok eksperimen dengan perlakuan menggunakan pena digital al-Qolam dan A2 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan guru yang menceritakan. di RA Perwanida Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi Pretest dan Postest. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan hasil uraian observasi, uji normalitas, uji hipotesis, uji Mann Whitney dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efek penggunaan pena digital al-Qolam terhadap minat literasi pada anak kelompok A di RA Perwanida. Hasil ini di buktikan dari hasil perhitungan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh tingkat Asymp. Sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05 di mana uji tersebut diterima. Begitu juga dengan hasil uji Mann Whitney diperoleh tingkat Asymp. Sig. (2-tailed) 0.898 > 0.05 maka uji tersebut diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, Imroatushimroatusholichah14@gmail.comD08216015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohprodipiauduinsa@gmail.com2009047302
Thesis advisorDwijo, Al-Quddus Nofiandri Eko Suciptoalqudusnes@gmail.com197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pena digital al-qolam; minat literasi; anak kelompok A
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Imroatush Sholichah
Date Deposited: 29 Sep 2020 07:27
Last Modified: 29 Sep 2020 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44259

Actions (login required)

View Item View Item