Penerapan strategi ekspositori untuk meningkatkan pemahaman materi excel siswa kelas V MI Islamiyah Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yolandasari, Indri Dwi (2020) Penerapan strategi ekspositori untuk meningkatkan pemahaman materi excel siswa kelas V MI Islamiyah Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indri Dwi Yolandasari_D97216054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini yaitu rendahnya pemahaman siswa kelas V terhadap materi excel. Hal ini dapat terlihat pada saat guru menjelaskan materi terkait excel siswa cenderung tidak memperhatikan dan tidak aktif mengikuti pelajaran, hanya ada beberapa siswa yang aktif dan memperhatikan penjelasan guru. Kebanyakan mereka ngobrol sendiri dengan temannya.Rumusan masalah penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan strategi ekspositori pada materi Excel di kelas V MI Islamiyah Taman? ; 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada materi Excel di kelas V MI Islamiyah Taman?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan yaitu, 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Islamiyah Taman Sidoarjo yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, tes, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan strategi ekspositori dalam penelitian ini terjadi peningkatan nilai dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu78,7 (cukup) dan pada siklus II menjadi 97,6 (sangat baik) serta aktivitas siswa pada siklus I yaitu 68,4 (kurang) dan pada siklus II menjadi 96,2 (sangat baik); 2) Peningkatan pemahaman materi excel setelah diterapkan strategi ekspositori dapat terlihat dari hasil prosentase nilai tes pemahaman siswa pada pra siklus sebesar 26% (sangat kurang), siklus I sebesar 30% (sangat kurang), dan siklus II sebesar 82% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yolandasari, Indri Dwiindridwi75@gmail.comD97216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorTaufik, TaufikTaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Anak
Komputer
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Strategi ekspositori; pemahaman excel; siswa kelas V MI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indri Dwi Yolandasari
Date Deposited: 30 Sep 2020 10:08
Last Modified: 30 Sep 2020 10:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44268

Actions (login required)

View Item View Item