Pengembangan ekonomi masyarakat melalui program hidroponik perspektif Maqashid Syariah di Kecamatan Wonocolo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Een Rizki (2020) Pengembangan ekonomi masyarakat melalui program hidroponik perspektif Maqashid Syariah di Kecamatan Wonocolo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Een Rizki Amaliyah_G94216161.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Hidroponik Perspektif Maqashid Syariah di Kecamatan Wonocolo" ini merupakan hasil penelitian yang menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengembangan ekonomi masyarakat Kecamatan Wonocolo melalui program hidroponik perspektif maqashid syariah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara. Dalam penelitian ini yang diwawancarai adalah tiga narasumber meliputi Ketua LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan), Ketua RW 04, dan Ketua Kelompok Tani KRPL Serpis yang mendukung data-data penelitian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tujuan dari program hidroponik adalah pengembangan masyarakat dengan melalui beberapa bentuk kegiatan, seperti pelatihan untuk menambah daya kreativitas anggota Kelompok Tani KRPL Serpis. Selain itu tujuan dengan diadakannya program hidroponik adalah agar menjadikan anggota kelompok tani mandiri dalam perekonomian. Hal ini dibuktikan dengan adanya laporan keuangan tiap bulan yang meliputi pencatatan hasil penjualan. Selain itu bentuk kreativitas anggota kelompok tani dibuktikan dengan adanya program pembuatan makanan, minuman dan kerajinan kokedama yang hasil dari penjualan akan masuk dalam kas kelompok tani. Selanjutnya hasil analisis mengenai maqashid syariah dalam program ini bahwa unsur yang paling dilindungi adalah harta, akal dan jiwa. Perlindungan terhadap harta dalam program ini dibuktikan dengan adanya kegiatan ekonomi seperti menjual hasil panen yang bisa mencukupi kebutuhan anggota kelompok tani. Selanjutnya dalam perlindungan akal dalam program ini melalui kegiatan pelatihan yang bisa menambah kreativitas anggota kelompok tani. Dan yang terakhir yaitu unsur menjaga jiwa. Dapat diketahui bahwa Surabaya merupakan Kota metropolitan yang sesak dengan macam aktivitas, maka dengan adanya kebun hidroponik menambah tempat untuk bisa mengurangi rasa penat ketika berkunjung di kebun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Een Rizkirizkiamaliyah98@gmail.comG94216161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pengembangan masyarakat; Maqashid syariah; Hidroponik.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Een Rizki Amaliyah
Date Deposited: 01 Oct 2020 10:24
Last Modified: 01 Oct 2020 10:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44300

Actions (login required)

View Item View Item