This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jamil, Muhammad (2015) Internalisasi nilai-nilai solidaritas Kisah Semut dan Nabi Sulaiman dalam Surat Al Naml pada Pendidikan Agama Islam di tingkat Sekolah Dasar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (433kB) | Preview |
Abstract
Solidaritas yang sering dipakai untuk mempersatukan dan menyamakan perbedaan, sudah mulai pudar. Perpecahan di antara umat manusia akan semakin bertambah banyak jika tidak ada solidaritas yang dimulai dari dalam diri manusia. Pada kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Naml terdapat nilai-nilai pendidikan, terutama nilai solidaritas.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Nilai-nilai solidaritas apa yang ada pada kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Anaml? Bagaimana implementasi pendidikan solidaritas yang ada pada surat al-Naml dalam pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar ?
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan, memahami, mencari dan mengambil pesan nilai-nilai pendidikan terutama nilai solidaritas pada kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Naml, untuk menjelaskan implementasi pendidikan solidaritas yang ada pada surat al-Naml dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar.
Tesis ini dikategorikan dalam penelitian diskriptif-kualitatif, Dalam penelitian ini penulis memberikan deskripsi terhadap kata-kata (ayat-ayat) yang terdapat dalam kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Naml.
Adapun kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah: Kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Naml mengandung berbagai pesan nilai-nilai pendidikan terutama nilai solidaritas bagi setiap pembaca. Nilai-nilai ini telah di contohkan oleh semut, ketika seekor pemimpin semut menginstruksikan anak buahnya untuk segera masuk sarang karena nabi Sulaiman as dan tentaranya akan melewati tempat itu. Dalam hal ini, binatang yang kecil ini (semut) telah mencontohkan sikap peduli terhadap sesama, gotong-royong yang luar biasa, rasa sosial, jiwa berkorban, rasa ikut bertanggung jawab terhadap nasib orang lain, dan rasa kebersamaan. Untuk mengimplementasikan pendidikan solidaritas dalam pendidikan agama Islam perlu tiga komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pendidikan solidaritas dalam Pendidikan Agama Islam dapat dilakukan saat penyusunan perencanaan pembelajaran dalam bentuk pembuatan silabus, promes, prota dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan memasukkan nilai-nilai solidaritas kedalamnya baik secara implisit atau eksplisit. Pelaksanaan pendidikan solidaritas dapat dimasukkan dalam pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam mengevaluasi pelaksanaan Pendidikan solidaritas dalam PAI dapat dilihat dari empat aspek, yakni: input, process (proses), output (hasil), dan outcomes (dampak
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Cerita dalam Al Qur'an Cerita Nabi Pendidikan Islam |
||||||||
Keywords: | Solidaritas; Kisah Semut; Nabi Sulaiman; Pendidikan Agam Islam | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2016 05:11 | ||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 05:09 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4443 |
Actions (login required)
View Item |