Kontroversial Perkawinan dan keberadaan Makam Sunan Bonang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Munawaroh (2020) Kontroversial Perkawinan dan keberadaan Makam Sunan Bonang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Munawaroh_A92216092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dapat menjelaskan masuknya Islam di nusantara dan bagaimana kontroversi masalah perkawinan dan keberadaan makam Sunan Bonang. Berangkat dari permasalah tersebut peneliti merasa kisah ini menarik untuk di teliti lebih lanjut. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif melalui kajian folklor dan juga metode penelitian sejarah untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Penelitian ini juga menggunakan teori local genius. Dengan menggunakan teori local genius diharapkan dapat memudahkan peneliti dalam melakukan penelitian kontroversial perkawinan dan keberadaan makam dari Sunan Bonang. Hasil penelitian tentang kontroversi perkawinan dan keberadaan makam sunan bonang adalah masuk dan menyerbanya agama islam di nusantara, tidak lepas dari peran para tokoh penyebar agama seperti wali songo. Sunan bonang adalah salah satu dari anggota wali songo yang menyebarkan agama islam dengan kediri sebagai lokasi pertama dakwah dari sunan bonang. Menurut cerita rakyat terdapat 2 pendapat yabg menjelaskan bahwa sunan bonang menikah dan ada juga pendapat tentang sunan bonang selama hidupnya tidak menikah. Sedangkan pendapat tentang keberadaan makam sunan bonang terdapat 7 pendapat yang menjelaskan jika makam sunan bonang berada di Tuban, Lasem, Bawean, madura, Kediri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Munawarohmunawarohsampit331@gmail.comA92216092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Budaya Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Kontroversi; Pernikahan; Makam.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Munawaroh Munawaroh
Date Deposited: 13 Oct 2020 01:49
Last Modified: 13 Oct 2020 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44530

Actions (login required)

View Item View Item