Pengaruh pendidikan spiritual melalui tarekat "Baitul Ma'ruf" terhadap kecerdasan intelektual siswa SMK Bustanul Hikmah Dumpiagung Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makka, Fathira Nadia (2020) Pengaruh pendidikan spiritual melalui tarekat "Baitul Ma'ruf" terhadap kecerdasan intelektual siswa SMK Bustanul Hikmah Dumpiagung Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Amepl Surabaya.

[img] Text
Fathira Nadia Makka_D01216011.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fathira Nadia Makka_D01216011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena melihat fenomena remaja saat ini yang kurangnya rasa cinta terhadap agama, mereka beragama hanya sebatas KTP dan penegtahuan saja tanpa pengamalan. Oleh sebab itu untuk mengatasi mirisnya keadaan seperti itu diperlukan pendidikan yang bagus dan pendidikan yang bisa menjadi jawaban atas permasalahan itu adalah pendidikan spiritual. Pendidikan spiritual singkatnya adalah pendidikan yang mengarahkan, membimbing peserta didik untuk semakin cinta Allah, bagaimana mengenal diri dan bagaimana cara berinteraksi ke Allah, namun juga tidak mengesampingkan urusan dunia, jadi di dalam pendidikan spiritual mengajarkan keseimbangan antara interaksi dengan tuhan dan manusia. Alasan kedua adalah karena siswa adalah lebih menarik jika berhubungan dengan kecerdasan intelektual karena mudah diketahui, maka untuk menarik sekaligus menjawab keresahan akan minimnya pengetahuan agama, maka peneliti mengaitkan pendidikan spiritual dengan kecerdasan intelektual untuk mengetahui apakah berpengaruh atau tidak. Adapun rumusan masalahnya adalah : (1) Bagaimana proses penerapan pendidikan spiritual melalui Tarekat “Baitul Ma’ruf?” (2) Bagaimana tingkat perubahan Intelektual yang telah mengikuti Tarekat “Baitul Ma’ruf”?(3)Bagaimana pengaruh pendidikan spiritual melalui tarekat terhadap emosional siswa SMK Bustanul Hikmah Dumpi Agung Lamongan?.Populasi dan sampel pada penelitian ini berasal dari siswa SMK Bustanul Hikmah Dumpiagung Lamongan, dengan populasi 600 peserta didik, dengan 92 peserta didik yang digunakan untuk sampel random. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisi yang digunakan adalah regresi linier sederhana, dengan pendekatan penelitian kuantitaf, hingga ditemukan bahwa pendidikan spiritual melalui tarekat terhadap kecerdasan intelektual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makka, Fathira Nadianadiamakkaf@gmail.comD01216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Pendidikan Spiritual; Baitul Maruf.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fathira Nadia Makka
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:37
Last Modified: 16 Oct 2020 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44589

Actions (login required)

View Item View Item