Index kepuasan pelanggan pada anggota KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera perspektif maqashid al-syari’ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faiz, Afiyatul Mahfudloh (2020) Index kepuasan pelanggan pada anggota KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera perspektif maqashid al-syari’ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afiyatul Mahfudloh Faiz_G94216147.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 orang responden dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh menggunakan metode koesioner dan teknik kepustakaan. Narasumber dari penelitian ini adalah anggota KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Sedangkan untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini dengan analisis menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index) menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan sebesar dari perspektif maqasid syariah 87,27678538% yang berarti nilai tersebut berada pada kategori sangat puas. Tingkat kepuasan anggota KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera jika dilihat dari tiap-tiap prinsip maqasid syariah mendapatkan hasil sangat puas, dengan nilai hasil perhitungan CSI pada tingkat presentase kisaran 80-100 %. Dari kelima prinsip maqasid syariah yang paling tinggi nilainya adalah hifdzu din dengan nilai CSI sebesar 90,2935%. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis memberikan saran-saran sebagai berikut: (1) Tetap mempertahankan atribut-atribut yang dianggap sudah sangat memuaskan anggota sehingga KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera akan lebih fokus untuk meningkatkan atribut-atribut yang dianggap kurang. (2) Pelaksanaan upaya perbaikan harus dipantau dan dievaluasi agar kepuasan pelanggan bener-benar terpenuhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faiz, Afiyatul MahfudlohAfiyatul4@gmail.comG94216147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, MustofaMustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Dakwah > Kepuasan
Konsumen
Keywords: Kepuasan Pelanggan; CSI (Customer Satisfaction Index); Maqashid al-Syari’ah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Afiyatul Mahfudloh Faiz
Date Deposited: 16 Oct 2020 12:38
Last Modified: 16 Oct 2020 12:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44599

Actions (login required)

View Item View Item