Islam Nusantara dan Pluralisme: pandang pengurus wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur perspektif epistemological religious pluralism John Hick

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Lailatul (2020) Islam Nusantara dan Pluralisme: pandang pengurus wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur perspektif epistemological religious pluralism John Hick. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Fitria_E91216036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Islam Nusantara dan Pluralisme merupakan dua istilah yang berbeda namun memilik kemiripan. Dua istilah ini dianggap paradoksal,denganmunculnya stigma Islam Nusantara yang merupakan sebuah madzhab baru karena dianggap mencampuradukkan agama Islam denganbudaya dari agama-agama lain yang mengakomodir tradisi dan budaya lokal. Begitu juga dengan pluralisme, istilah ini merupakan gagasan yang dilahirkan oleh paham liberalisme Barat yang tidak sedikit menimbulkan banyak kontroversi, karena dianggap sebagai menyamakan semua agama bahkan diharamkan di Indonesia. Dalam masyarakat plural seperti di Indonesia, kemajemukan merupakan hal seharusnya disikapi dengan baik dan bijak. Melihat kedua istilah tersebut, penulis mencoba mengkoparasikan dengan pendekatan filsafat agama melaui pandangan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur . Selain itu penelitian ini juga mencoba untuk membandingkan pandangan kedua istilah tersebut untuk menemukan keterkaitan paham di dalamnya. Dari penelitian ini ditemukan PWNU Jawa Timur mendefinisikan Islam Nusantara sebagai model dakwah yang sesuai dengan ajaran Ahlual-SunahWaal- Jama@‘ah dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam, dan gagasan pluralisme merupakan ajaran yang tidak sesuai dengan Islam dikarenakan mencampurkan semua agama. Menggunakan teori epistemological religious pluralism John Hick, penulis menemukan kesamaan nilai-nilai yang terkandung dalam Islam Nusantara dan Pluralisme, seperti sikap toleransi beragama, mencegah konflik intoleransi di Indonesia, dan melakukan dialog antaragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Lailatullailafitria318@gmail.comE91216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad ZainulAhmadinung@gmail.com2018057203
Thesis advisorKasno, KasnoKasno@gmail.com2001125901
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Ahlusunnah Waljama'ah
Nahdlatul Ulama
Keywords: Epistemological Religious Pluralism; Islam Nusantara dan Pluralisme; Nahdlatul Ulama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Laila Lailatul Fitria
Date Deposited: 02 Nov 2020 12:02
Last Modified: 02 Nov 2020 12:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44756

Actions (login required)

View Item View Item