Analisis percakapan dakwah dalam serial animasi Islami “Nussa”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya, Mikhlathul (2020) Analisis percakapan dakwah dalam serial animasi Islami “Nussa”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mikhlathul Auliya_B01216026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui percakapan dakwah yang meliputi pergantian giliran bicara, organisasi sekuen, dan pesan dakwah dalam serial animasi Islami “Nussa”. Untuk mendeskripsikan ketiga persoalan tersebut, peneliti menggunakan jenis metode kualitatif dengan pendekatan analisis percakapan yang diprakarsai oleh Sacks, Schegloff, dan Jefferson. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pergantian giliran bicara pada serial animasi Islami Nussa menunjukkan bahwa: Pertama, distribusi giliran bicara dalam kegiatan dakwah dilakukan melalui kalimat pertanyaan. Kedua, posisi da’i paling banyak diperankan oleh Umma, sedangkan mad’u diperankan oleh Nussa dan Rarra. Meski begitu, jalannya kegiatan dakwah lebih didominasi oleh Nussa. (2) Organisasi sekuen pada serial animasi Islami Nussa menunjukkan bahwa: Pertama, praktik dakwah lebih banyak dilakukan melalui kegiatan tanya jawab daripada diskusi. Kedua, dakwah dalam animasi tersebut bersifat luwes dan dinamis, serta ujaran di dalamnya saling mempengaruhi satu sama lain. (3) Pesan dakwah dalam animasi tersebut masuk pada dua aspek, yaitu: aspek syariah, yang meliputi kewajiban salat dan tata cara dzikir. Dan aspek akhlak, yang meliputi anjuran untuk bersikap ikhlas, memanggil dengan panggilan baik, dan larangan sombong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya, Mikhlathulmikhla.auliya@gmail.comB01216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Mohammad Alimalzis@yahoo.com2009065701
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Animasi; Percakapan; Dakwah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mikhlathul Auliya
Date Deposited: 01 Nov 2020 11:37
Last Modified: 01 Nov 2020 11:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44808

Actions (login required)

View Item View Item