Da’i dan toleransi antarumat beragama : studi fenomenologi Da’i aktivis kerukunan antarumat beragama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munir, Muhammad (2020) Da’i dan toleransi antarumat beragama : studi fenomenologi Da’i aktivis kerukunan antarumat beragama. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Munir _ F02718293.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang di jawab dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengalaman da’i aktifis Forum Kerukunan Antarumat Beragama (FKUB) ketika berinteraksi dengan umat non muslim? 2) Bagaimana da’i mendakwahkan toleransi antarumat beragama? 3) Bagaimana makna Toleransi Antarumat beragama bagi Da’i? Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan dan pendekatannya studi fenomenologi dengan maksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian baik dalam berinteraksi, perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain, secara holistik, dan dengan cara deskriptif. Hasil dari penelitian ini kendala da’i dalam berinterkasi ialah jarangnya komunikasi. Sedangkan motif da’i dalam berinteraksi memberikan pemahaman tentang toleransi. Dalam mengimplementasikan toleransi seorang da’i memberikan sebuah strategi. Adapun strategi dakwah da’i aktivis dalam mengimplementasikan toleransi Antarumat beragama: dengan keadaan, good style, akhalakul karimah, mendoakan, lisan, dan dengan pendidikan. Sedangkan dalam memaknai toleransi diperlukan penanaman nilai toleransi dengan pendidikan toleransi, beranggapan bahwa seluruh manusia sebagai rahmat kepada manusia lainnya, tidak adanya prasangka buruk sesama agama, tidak ada kekerasan dalam agama, dan memahami simbol-simbol agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munir, Muhammadmuniralafasy39@gmail.comF02718293
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Sri--195902051986032004
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Dakwah > Dakwah - Filsafat
Toleransi Islam
Toleransi
Keywords: Da’i; Toleransi; Kerukunan Antarumat Beragama.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Munir
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:21
Last Modified: 04 Nov 2020 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44858

Actions (login required)

View Item View Item