Internalisasi karakter Religius melalui program Ashabul Akhyar di SMP Sunan Giri 1 Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzati, Afidah Nurul (2020) Internalisasi karakter Religius melalui program Ashabul Akhyar di SMP Sunan Giri 1 Banyuwangi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afidah Nurul Izzati_F02318067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan dunia yang semakin maju membawa banyak dampak baik yang mengarah pada hal positif atau malah pada hal yang negatif, banyak persoalan yang timbul baik dari kalangan masyarakat maupun juga dari lembaga pendidikan. Untuk itu sangat perlu internalisasi karakter religius di Lembaga Pendidikan sebagai langkah preventif. Dengan melihat kondisi peserta didik saat ini yang mengalami dekadensi moral dan akhlak, banyak tindakan yang menyimpang dan jauh dari nilai dan moral yang dilakukan oleh peserta didik. Sehingga upaya yang dilakukan yaitu internalisasi karakter religious melalui program Ashabul Akhyar di SMP Sunan Giri I Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana model, strategi, faktor pendukung, faktor penghambat, serta solusi dalam proses internalisasi karakter religious peserta didik di SMP Sunan Giri I Banyuwangi. Serta kegiatan apa saja yang menjadi proses internalisasi karakter religious. Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data penliti menggunakan; reduksi data, display data, dan verifikasi data. Kemudian Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; model yang digunakan yaitu melalui pendekatan penanaman nilai, pendekatan perkembangan moral kognitif, analisis nilai, klasifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran berbuat. Sedangkan strategi yang digunakan dalam internalisasi karakter religious yakni mengunakan strategi pembiasaan, keteladanan, dan penyuluhan. Kemudian faktor pendukung yaitu kerja sama antar guru, sarana prasarana, fasilitas memadai, dan konsisten. Adapun faktor penghambatnya yaitu latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, keterbatasan media pembelajaran, serta kurangnya pengawasan dari orang tua. Sehingga solusi dalam memecahkan penghambat-penghambat program ini perlunya dukungan penuh dari orang tua serta meningkatkan sarana untuk memenuhi proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzati, Afidah Nurulafidahnurul74@gmail.comF02318067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukaffa07@yahoo.com2015107003
Thesis advisorHurriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Bimbingan
Keywords: Internalisasi; Karakter Religius; Ashabul Akhyar.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afidah Nurul Izzati
Date Deposited: 09 Nov 2020 13:11
Last Modified: 09 Nov 2020 13:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44978

Actions (login required)

View Item View Item