Terapi Dzikir Al-Khidmah untuk menangani kecanduan Miras pada remaja di Desa Tanggulrejo Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Mohammad Faiq (2020) Terapi Dzikir Al-Khidmah untuk menangani kecanduan Miras pada remaja di Desa Tanggulrejo Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Faiq Fahmi_B03216019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam penelitian skripsi ini yakni: (1) Bagaimana Proses Terapi Dzikir Al-Khidmah untuk Menangani Kecanduan Miras pada Remaja di Desa Tanggulrejo Manyar Gresik? (2) Bagaimana Hasil Terapi Dzikir Al-Khidmah untuk Menangani Kecanduan Miras pada Remaja di Desa Tanggulrejo Manyar Gresik ?. Dalam menjawab permasalahan pada penelitian ini maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif yakni dengan membandingkan teori dengan hasil lapangan juga kondisi sebelum dan sesudah dilakukan konseling. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik dzikir Al-Khidmah untuk menangani remaja yang mengalami kecanduan miras, proses konseling dimulai dari identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, hingga evaluasi dan follow up. Terapi ini melalui tiga tahap yakni (1) mengajak konseli untuk menilai perilakunya, (2) mengajak konseli mengikuti majelis dzikir Al-Khidmah, dan (3) membuat tugas perubahan. Hasil dari proses konseling dengan Terapi Dzikir Al-Khidmah yakni adanya pekembangan yang cukup baik pada konseli. Dimana konseli sudah mampu mengendalikan dirinya ketika banyak ajakan-ajakan untuk meminum-minuman keras. Selain itu konseli juga mampu menerapkan dzikir dan menghayati kandungan manaqib yang secara berangsur dapat memberikan perubahan perilaku pada dirinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Mohammad Faiqfaiqrmcf@gmail.comB03216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarif_konselor@yahoo.co.id2008087706
Subjects: Dakwah > Dakwah - Psikoterapi
Dakwah > Dakwah, Remaja
Terapi
Keywords: Terapi Dzikir Al-Khidmah; Kecanduan miras, Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: M. Faiq Fahmi
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:37
Last Modified: 25 Nov 2020 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45222

Actions (login required)

View Item View Item