Membangun lingkungan bebas jentik nyamuk untuk mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Sawunggaling Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizky, M. Alfiansyah (2020) Membangun lingkungan bebas jentik nyamuk untuk mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Sawunggaling Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Alfiansyah Rizky_B02216034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya jumlah orang yang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kampung Gunung Sari RW 009 Kelurahan Sawunggaling menjadi salah satu masalah kesehatan yang serius dan harus segera ditangani. Menurut data dari kader Ibu-ibu Pemantau Jentik (BUMANTIK) pada tahun 2018 terdapat 2 orang, pada tahun 2019 terdapat 4 orang dan pada tahun 2020 terdapat 5 orang. Hampir setiap tahunnya jumlah orang yang terkena DBD meningkat dikarenakan tidak ada advokasi pencegahan DBD dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang mencegah timbulnya penyakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan aksi perubahan dalam program "Membangun lingkungan bebas jentik yamuk untuk mencegah DBD di Kelurahan Sawunggaling" dengan cara memberi pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya gerakan 3 M Plus, pembersihan sungai dan mengalirkan air sungai, dan menanam tumbuhan pengusir nyamuk. Dalam proses perogram ini menggunakan metode penelitian Participatory Action Research (PAR). Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus diimplementasikan dalam aksi. Analisis keberhasilan program, pada penelitian ini menggunakan tabel perubahan before after.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizky, M. Alfiansyahalfiansyahrizky6@gmail.comB02216034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Kebersihan
Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Keywords: Demam Berdarah Dengue (DBD); Mencegah DBD; Pemberantasan yang efektif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: M. Alfiansyah Rizky
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:49
Last Modified: 25 Nov 2020 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45224

Actions (login required)

View Item View Item