فعّالية تطبيق نموذج التعليم VARK (بصرية وسمعية وقراءة وحركية) بوسيلة لعبة Bingo في تعليم مهارة القراءة لدى طلاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى فاسوروان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Lailatul (2020) فعّالية تطبيق نموذج التعليم VARK (بصرية وسمعية وقراءة وحركية) بوسيلة لعبة Bingo في تعليم مهارة القراءة لدى طلاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى فاسوروان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Fitriyah_D92216037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pasuruan memiliki permasalahan khususnya dalam keterampilan membaca bahasa Arab karena sebagian besar siswanya lemah dalam menggunakan lahjah saat membaca teks bahasa Arab dan mereka kurang dalam memahami mufradat serta media yang digunakan kurang bervariasi mengakibatkan siswa-siswi merasa bosan. Hal ini dikarenakan dampak dari Covid19 yang melanda dunia khususnya Indonesia maka pembelajaran dibelakukan sistem daring (belajar dari rumah). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan model pembelajaran VARK dengan media permainan Bingo untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa secara daring. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui keterampilan membaca siswa kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pasuruan. 2) Untuk penerapan model pembelajaran VARK (Visualization Auditory Read/Write Kinestetic) dengan media permainan Bingo untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pasuruan. 3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran VARK (Visualization Auditory Read/Write Kinestetic) dengan media permainan Bingo untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pasuruan. Untuk menjawab permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi, dan analisis data. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas 7 yang terdiri dari 25 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektifitas penggunaan model pembelajaran VARK dengan media permainan Bingo untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 7 dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil sbb: T-hitung (8,42), sedangkan T-tabel (1,711). Adapun hasil penelitian ini ditetapkan bahwa T-hitung > T-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Lailatullafiyah362@gmail.comD92216037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan41159@gmail.com2004115901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Model Pembelajaran VARK; Media permainan Bingo; Keterampilan Membaca.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lailatul Fitriyah
Date Deposited: 21 Dec 2020 06:18
Last Modified: 21 Dec 2020 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45433

Actions (login required)

View Item View Item