Strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah: studi kasus di MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Maulidya Kusdiana (2020) Strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah: studi kasus di MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidya Kusdiana Wulandari_D97216059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, bahwa pembelajaran di MIN 1 Gresik ini menunjukkan adanya chemistry yang terjalin antara guru dan siswa. Guru membangun kenyamanan di dalam kelas berupa menghias kelas dan memakai kreativitasnya untuk membangun ide-ide yang baru. Tidak hanya menyamankan siswanya dengan keadaan kelas, guru tersebut menggunkan berbagai strategi, metode dan model dalam pembelajaran. kondisi ini yang membuat peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam permasalahan sebagaimana dalam judul. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah (studi kasus di MI 1 Gresik)? 2) Bagaimana hasil penerapan strategi dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah (studi kasus di MI 1 Gresik)?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika dan hasil penerapan strategi dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika. Pendekatan Penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan ini adalah metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus, studi kasus yaitu penelitian yang terinci tentang seseorang (individu) atau memusatkan diri secara intensif pada suatu objek tertentu. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala madrasah, guru, dan siswa, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku referensi, dan dokumentasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan : (1) Petingnya strategi dalam pembelajaran, karena dapat menumbuhkan semangat, kenyamanan siswa dalam belajar, dan memberikan pengalaman belajar pada siswa. Strategi harus sesuai dengan materi yang akan di ajarkan yaitu berpedoman pada standar kompetensi, disesuaikan pula dengan kondisi, karakteristik dan kemampuan siswa. Dengan menerapkan kriteria-kriteria ataupun standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan. (2) Penerapan strategi pembelajaran matematika yang di terapkan oleh guru membuahkan hasil. Nilai rata-rata kelas 79 dan 84, nilai rata-rata tersebut menunjukkan di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika. Dengan demikian strategi penyampaian pembelajaran dapat digunakan sebagai strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Maulidya Kusdianamaulidwulan63@gmail.comD97216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M BahriBahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Guru
Keywords: Strategi; Mata Pelajaran Matematika; Prestasi Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulidya kusdiana Wulandari
Date Deposited: 10 May 2021 07:22
Last Modified: 10 May 2021 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45586

Actions (login required)

View Item View Item