حرية المرأة في القصة "وردة الهاني" في مختارات القصة "الأرواح المتمردة" لجبران خليل جبران

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Annisaa Sukma Kumala (2021) حرية المرأة في القصة "وردة الهاني" في مختارات القصة "الأرواح المتمردة" لجبران خليل جبران. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisaa Sukma Kumala Sari_A01217008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas bentuk kebebasan perempuan untuk menentukan pasangan dalam cerita “Wardah al-Hani” karya Khalil Jubran yang merupakan salah satu cerita dari antalogi cerpen al-Arwah al-Mutamarridah yang berisi empat cerpen yaitu Wardah al-Hani, Madhja’ul ‘Arus, Shurakhul Qubur, dan Khalil al-Kafir. Cerita ini layak diteliti karena menggambarkan sebuah bentuk kebebasan perempuan dalam menentukan pasangan hidup. Pada masa sekarang ini, seorang perempuan tidak dapat mengekspresikan kebebasan yang diinginkannya dengan mudah. Metode analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan teori sosiologi sastra Rene Wellek dan Austin Warren serta tambahan teori feminisme. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan kebebasan wanita dalam hal menentukan pasangan hidup yang terdapat pada teks “Wardah al-Hani” karya Jubran Khalil Jubran berdasarkan teori sosiologi sastra Rene Wellek dan Austin Warren. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk kebebasan wanita dalam menentukan pasangan hidup yang terdapat dalam cerita “Wardah al-Hani” karya Khalil Jubran. Berdasarkan rumusan masalah tersebut peneliti menemukan beberapa temuan antara lain, kebebasan perempuan untuk menentukan pasangan hidup dibagi menjadi dua perspektif yaitu berdasarkan pikiran tokoh dan berdasarkan tindakan tokoh, relasi tokoh perempuan dengan alur tebagi menjadi tujuh peristiwa, relasi perempuan dengan sosial menggambarkan pengkhianatan, serta relasi tokoh peempuan dengan latar waktu terdiri dari beberapa tahun,hari, dan dua tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Annisaa Sukma Kumalaannisasukmaks@gmail.comA01217008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, Atiq Mohammadatiqramadhan@yahoo.com2021126701
Subjects: Sosiologi
Sastra
Keywords: Feminisme; Kebebasan perempuan; Al arwah Al mutamarridah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Annisaa Sukma Kumala Sari
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:29
Last Modified: 15 Jan 2021 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45634

Actions (login required)

View Item View Item