المحسنات اللفظية في كتاب الفرائد البهية للشيخ أبي بكر الأهدل

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Ma'rifatul (2020) المحسنات اللفظية في كتاب الفرائد البهية للشيخ أبي بكر الأهدل. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ma'rifatul Faizah_A91217118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al- Muhassinat Al-Lafdziyah merupakan salah satu kajian ilmu balaghah dalam ilmu badhi’, yang memiliki manfaat yang sangat penting, yaitu untuk memperbaiki lafadz agar menjadi lebih indah. Al-Muhassinat Al-Lafdziyah terbagi menjadi tiga macam, 1) Jinas, 2) Sajak, 3) Iqtibas. Banyak sekali al- Muhassinat Al- Lafdziyah yang bisa kita temukan, seperti dalam Al-qur’an, Hadist, Syair, Prosa, dan juga dalam kitab-kitab Arab. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan objek penelitian salah satu karya sastra bentuk prosa, yaitu kitab Faroidul Bahiyyah karangan Syekh Abu Bakar Al-Ahdal, yang memuat tentang kaidah-kaidah fiqh, kitab ini diambil dari kitab Asybah wa Nadhair. Dengan menggunakan teori ilmu Balaghah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Kalimat mana yang mengandung Al-Muhassinat Al-lafdziyah dan macam-macamnya dalam kitab Faroidul Bahiyyah karangan Syekh Abu Bakar Al-Ahdal?, dan tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kalimat-kalimat yang mengandung al-Muhassinat al-Lafdziyah dan untuk mengetahui macam-macam al-Muhassinat al-Lafdziyah dalam kitab Faroidul bahiyyah karya Syekh Abu Bakar al-Ahdal.Adapun Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,, yaitu pemecahan masalah dengan cara mengumpulkan data kemudian menganalisinya. Sumber penelitian ini adalah nadhom dalam kitab Faroidul Bahiyyah karya Syekh Abu Bakar al-Ahdal, dan data yang digunakan adalah kalimat yang mengandung al-Muhassinat al-Lafdziyah dalam Kitab “Faroidul Bahiyyah”. Langkah-langkah peneliti dalam penelitiannya adalah, membaca dan memahami kitab Faroidul bahiyyah serta kaidah-kaidah tentang al-Muhassinat al-Lafdziyah, kemudian mengumpulkan data yang berhubungan dengan penelitian, lalu menganalisisnya dan menyusun hasil penelitian tersebut secara sistematis. Setelah melakukan analisis dalam nadhom kitab Faroidul Bahiyyah, peneliti menemukan 57 data yang mengandung al-Muhassinat al-Lafdziyah, yang terdir dari jinas 11 data, Sajak 46 data, dan tidak ditemukan iqtibas didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Ma'rifatulRiefaalfaidzah3@gmail.comA91217118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurzidny_fathan@yahoo.com2025016901
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Sastra
Keywords: Muhassinat al-Lafdziyah; Faroidul Bahiyyah; Abu Bakar.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ma'rifatul Faizah
Date Deposited: 17 Jan 2021 06:33
Last Modified: 17 Jan 2021 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45669

Actions (login required)

View Item View Item