Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas vii pada mata pelajaran ski di MTsN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyanti, Annisa Armeylia (2021) Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas vii pada mata pelajaran ski di MTsN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Armeylia Widyanti_D91217042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas VII pada mata pelajaran SKI di MTsN 1 Sidoarjo, 2) faktor pendukung penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas VII pada mata pelajaran SKI di MTsN 1 Sidoarjo, 3) faktor penghambat dan solusi dari penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas VII pada mata pelajaran SKI di MTsN 1 Sidoarjo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, serta akurat menganai fakta yang ada di lapangan. Adapun data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model discovery learning berjalan dengan baik. Dibuktikan dengan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan peserta didik yang menunjukkan penerapan discovery learning memiliki prosentase rata-rata 74%, dan itu masih dalam kategori baik. Adapun tahap-tahap penerapan model ini yakni pemberian stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, dan menarik kesimpulan. Tingkat keterampilan bertanya peserta didik juga membuktikan hal ini dengan prosentase rata-rata 86,66% yakni pada kategori sangat terampil. Dimana pada kategori ini peserta didik telah mampu menyusun kalimat pertanyaan dengan menggunakan kata tanya, mengajukan pertanyaan yang bersifat menggali informasi, mampu menyampaikan pertanyaan meskipun tidak langsung pada inti pertanyaan, serta mampu memilih waktu yang tepat dalam mengajukan pertanyaan yaitu ketika guru telah memberi kesempatan untuk bertanya pada peserta didik. 2) Faktor pendukung penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas VII pada mata pelajaran SKI di MTsN 1 Sidoarjo diantaranya adalah rasa percaya diri dalam diri sebagian peserta didik, rasa ingin tahu yang besar dari dalam diri peserta didik, kemampuan peserta didik berpikir kritis, sikap guru yang terbuka terhadap segala pertanyaan yang muncul, serta kesempatan yang diberikan oleh guru untuk peserta didik mengajukan pertanyaan. 3) Faktor penghambat penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas VII pada mata pelajaran SKI di MTsN 1 Sidoarjo diantaranya adalah sebagian peserta didik merasa minder atau takut, tidak siap untuk menjadi pusat perhatian ketika mengajukan pertanyaan, memiliki kecerdasan rata-rata ke bawah, waktu pembelajaran yang terbatas, tidak adanya ruang diskusi yang dibuka oleh guru, serta pembelajaran online yang hanya dilakukan melalui Whatsapp Group. Adapun solusi yang digunakan diantaranya adalah guru membantu memunculkan rasa percaya diri peserta didik dengan memberikan pertanyaan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik agar ia dapat menjawab dengan mantap dan percaya diri karena merasa ia mampu menjawabnya, guru memberikan kesempatan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan melalui tulisan, dan dalam pembelajaran online, peserta didik diperbolehkan mengajukan pertanyaan secara personal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyanti, Annisa Armeyliaaarmeylia@gmail.comD91217042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Mochammadfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Keterampilan
Keywords: discovery learning; keterampilan bertanya; SKI.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Armeylia Widyanti
Date Deposited: 21 Jan 2021 22:22
Last Modified: 21 Jan 2021 22:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45778

Actions (login required)

View Item View Item